oleh

Akhyar Terima Penghargaan Dari BPS Sumut

MEDAN – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menerima Piagam Penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut atas capaian yang dilakukan dalam rangka mendukung suksesnya pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) Online 2020 di Kota Medan. Penyerahan piagam dilakukan dalam Acara Pelaksanaan Kick Off SP Offline di Command Center, Balai Kota Medan, Selasa (1/9).

Piagam penghargaan yang juga menjadi bentuk apresiasi kepada Akhyar tersebut diserahkan Kepala BPS Provinsi Sumut Syech Suhaimi. Penyerahan juga turut disaksikan Asisten Administrasi Umum (Asmum) Kota Medan Renward Parapat, Kadis Kominfo Zain Noval, Kadis Dukcapil Zulkarnain serta Kepala BPS Kota Medan Enny Nuryani Nasution.

Dalam acara pelaksanaan Kick Off SP Offline 2020 secara virtual bersama para camat, lurah dan kepling se-Kota Medan serta petugas sensus, Akhyar mengungkapkan rasa syukurnya karena SP Online dapat berjalan dengan lancar. Oleh sebab itu, Akhyar pun berharap seluruh aparatur pemerintah dapat kembali menjalankan tugas dan fungsinya untuk mensukseskan SP Offline 2020 yang akan dimulai hari ini.

“Terima kasih kepada seluruh camat, lurah, kepling terutama masyarakat yang telah ikut serta berpartisipasi dalam SP Online 2020 yang sudah dilaksanakan pada bulan Februari hingga Mei 2020. Terhitung hari ini, BPS akan kembali melakukan sensus secara offline dengan mendatangi langsung rumah masyarakat. Mari kita dukung dan sukseskan bersama,” kata Akhyar.

Baca Juga :  Kapolda Sumut Ajak Masyarakat Bersama Awasi Penyalahgunaan Narkotika

Atas dasar itulah, Akhyar menghimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat memberikan data yang benar dan valid saat menerima kedatangan petugas SP 2020 yang melakukan SP secara offline atau melalui metode lapangan dengan mendatangi langsung rumah warga.

“Kami harap seluruh warga dapat memberikan akurasi data kepada petugas SP. Sebab, keakurasian data yang didapat sangat membantu untuk mengetahui demografi Kota Medan baik itu jumlah penduduk, karakteristik serta kondisi sosial ekonomi. Di samping itu, membantu Pemko Medan dalam menetukan arah dan kebijakan serta rencana kerja yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Kemudian, mantan anggota DPRD Medan tersebut berpesan dan mengingatkan kepada seluruh aparatur pemerintahan dan petugas SP yang melakukan tugas sensus agar tetap menerapkan dan mengedepankan protokol kesehatan sehingga pelaksanaan sensus minim dari kemungkinan terjadinya penularan dan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Seraya melakukan sensus, ingatkan dan ajak masyarakat untuk disiplin ikuti protokol kesehatan terutama menggunakan masker. Kami harap saat SP nantinya, baik petugas maupun masyarakat sama-sama mengenakan masker. Ini langkah kita bersama untuk mencegah diri dan orang lain sekaligus bertujuan untuk menekan angka laju penyebaran Covid-19 di Kota Medan,” pesannya mengingatkan.

Baca Juga :  Polres Belawan Jaring 12 Pelajar di Warnet

Terakhir, Akhyar kembali menekankan agar camat, lurah dan kepling dapat melakukan pendampingan kepada petugas saat melakukan sensus langsung ke masyarakat. “Ini untuk menghindari kemungkinan adanya kendala yang dijumpai di lapangan. Bangun sinergitas. Ayo kita sukseskan bersama SP Offline 2020,” pungkasnya.

Selain Kick Off SP Offline 2020, acara juga dirangkaikan dengan pemberian penghargaan dari BPS Kota Medan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemko Medan atas dukungan dalam pelaksanaan SP Online 2020. Adapun penghargaan diberikan kepada Kadis Kominfo Zain Noval dan Kadis Dukcapil Zulkarnain.

Kemudian, Camat Medan Belawan Ahmad SP, Camat Medan Johor Zulfakhri Ahmadi serta Camat Medan Baru Ilyan Chandra Simbolon juga menerima penghargaan atas dukungan karena ikut mensukseskan SP Online dengan jumlah partisipasi dan keikutsertaan warga yang tinggi dari 21 kecamatan lainnya. Selain itu, Akhyar juga menyerahkan secara simbolis atribut dan perlengkapan tugas kepada salah seorang petugas sensus.

pasang iklan anda

Komentar

Berita Populer