Auguslin Ndruru : APBDes 2020 Banua Sibohou Tidak Terlaksana Dengan Baik

  • Bagikan
APBDes 2020 Banua Sibohou Tidak Terlaksana Dengan Baik-min
Foto : Auguslin Ndruru Sekretaris Desa Banua Sibohou Silima Ewali, Kecamatan Bawalato.

NIAS – Pelaksanaan APBDes Tahun 2020 Desa Banua Sibohou Silima Ewali, Kecamatan Bawalato, Kabupaten Nias, tidak terlaksana dengan baik dan tidak tertib administrasi, serta akuntabel dan berpotensi ada kerugian negara pada pengelolaan atau pelaksanaannya. Seperti terurai pada surat pengaduan masyarakat Desa Banua Sibohou Silima Ewali, Kecamatan Bawalato kepada Inspektorat Kabupaten Nias.

Auguslin Ndruru Sekretaris Desa Banua Sibohou Silima Ewali, Kecamatan Bawalato menuturkan kepada Metropublik.com saat dijumpai Senin (15/02/2021) mengatakan bahwa memang pelaksanaan APBDes tahun 2020 tidak tertib administrasi. Pengelolaan setiap kegiatan dilaksanakan langsung oleh Pj. Kades Teheziduhu Hulu.

“Setiap ada kegiatan desa, kami perangkat desa tidak dilibatkan. Serta dilaksanakan langsung oleh Pj Kades,”ujarnya.

Baca Juga :  Kapolres Batubara Kunjungi Pesantren dan Bagikan Sembako

Dikatakannya, beberapa mata anggaran yang diragukan pelaksanaannya misalnya, dana untuk penanggulangan Covid – 19. Seperti penyemprotan disinfektan ke rumah – rumah warga, dan pembelian ember. “Dana untuk hari besar keagamaan ini juga gak jelas dan masih banyak lagi,”paparnya.

Dia juga membenarkan adanya dugaan pemotongan oleh Pj. Kades terhadap gaji perangkat desa sebesar 10% untuk BPJS. Dan hal ini jelas Pj. Kades keliru, tidak sesuai dengan permendagri nomor 119 tahun 2019.

“ Semua laporan pertanggungjawaban APBDes 2020 belum saya verifikasi dan bahkan belum saya tanda tangani, karena menurut saya pelaksanaan APBDes tahun 2020 tidak efektif, dan tidak akuntabel,”tandasnya. (Denius)

  • Bagikan