Azis Syamsuddin : Wartawan Media Online Harus Mematuhi UU ITE & Profesional

  • Bagikan
Wartawan Media Online Harus Mematuhi UU ITE

TANGERANG – Bimbingan Teknis (Bimtek) Siberindo.co yang dilangsung di Pakons Prime Hotel Tangerang, Rabu (05/08/2020) dihadiri 13 Provinsi se- Indonesia.

Bimtek yang dihadiri Ketua Dewan Pakar Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Hendry CH Bangun, Ketua Dewan Pembina SMSI Pusat Azis Syamsuddin, Ketua SMSI Pusat Firdaus itu juga dihadiri wartawan senior dari Kompas dan Ketua SMSI 13 Provinsi se Indonesia.

Ketua Dewan Pembina SMSI Pusat Azis Syamsuddin mengungkapkan dalam sambutannya, wartawan media online dalam menjalankan tugasnya harus bertindak profesional dan mematuhi undang-undang ITE terlebih pasal 28 dan 29 yang lebih menekankan agar wartawan jangan terjerat dengan pemberitaan yang menyimpang atau pun menyebarkan berita hoax.

Penyebaran berita menyimpang menurut Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Golkar ini sering menimpa wartawan dalam menulis berita.

Baca Juga :  Sambut Bulan Ramadhan dan Idul Fitri,PLN Berikan Promo Kepada Masyarakat

“Artinya, wartawan tidak menyadari kalau pemberitaan yang disadur lewat rekaman dari sesama wartawan yang dikemas dalam pemberitaan tanpa melakukan konfirmasi tidaklah profesional karena bisa dianggap plagiat. Seyogianya wartawan itu harus profesional dan mampu memberikan keyakinan kepada orang pembacanya,”ujarnya.

Untuk itu, Azis Syamsuddin mengingatkan kepada peserta Bimtek yang juga anggota SMSI lebih berhati-hati dalam bermedia sosial agar lepas dari jeratan hukumnya.

Sementara di tempat yang sama, Ketua SMSI Firdaus mengatakan ke depan SMSI menjadi garda terdepan dalam pemberitaan di indonesia.

“Terbentuknya SMSI di 33 Provinsi di indonesia merupakan satu langkah kemajuan di era digital yang semakin berkembang,”kata Firdaus.

Dikatakannya, seiring dengan kemajuan era digital SMSI mempunyai program dengan membentuk satu holding bagi media sosial dengan nama Siberindo.co yang mana perusahaan ini diyakini 5 tahun ke depan akan mengalahkan perusahaan media siber besar di indonesia.

Baca Juga :  Viral, Polisi Berpangkat Kombes Ditangkap

Untuk saat ini kata Firdaus, jumlah anggota SMSI yang sudah terverifikasi Faktual secara nasional berjumlah 1147 perusahaan oleh Dewan Pers .
“Selain itu SMSI juga akan dibentuk di Kabupaten/Kota se Indonesia. Diharapkan infrastruktur SMSI bisa membawa perubahan dan mimpi untuk jadi besar SMSI dan Siberindo.co akan membentuk newsroom serta memiliki server bagi media sosial yang tergabung di SMSI,”pungkasnya.

Acara Bimtek Sinerindo.co yang dihadiri 13 provinsi se Indonesia ini juga membahas launching yang akan dilaksankan saat rapat kerja nasional di bulan September 2020 mendatang. (MP/Rendy)

pasang iklan anda
  • Bagikan