Belasan Rumah Hancur di Belawan, DPRD Desak Polisi Tangkap Pelaku Tawuran

Belasan Rumah Hancur di Belawan, DPRD Desak Polisi Tangkap Pelaku Tawuran

Medan – Aksi tawuran antar pemuda di Jalan Selebes Kelurahan Belawan II, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan terjadi pada Minggu (4/12/2022) dinihari, mengkibatkan belasan rumah warga hancur akibat terkena lemparan batu.

Bahkan, sebagian rumah yang juga digunakan warga sebagai toko atau warung juga ikut dijarah oleh para pemuda yang terlibat aksi tawuran.

Tak cuma merusak rumah, tiga warga juga disebut terkena tembakan senapan angin oleh pelaku tawuran. Namun sayang hingga Senin (5/12/2022) kemarin, belum ada satupun dari pelaku tawuran yang diamankan oleh pihak kepolisian.

Menanggapi hal ini, Ketua Komisi I DPRD Medan, Robi Barus SE M.AP, mengaku sangat meyayangkan terjadinya kembali aksi tawuran di Medan Belawan. Pasalnya tawuran yang berujung perusakan rumah warga tersebut bukan baru kali ini terjadi.

“Kejadian tawuran ini telah berulang-ulang kali terjadi dan membuat masyarakat sangat resah. Warga yang tidak tahu apa-apa menjadi korban, rumahnya hancur kena lempar batu, warungnya dijarah, bahkan infonya ada yang terkena tembakan senapan angin. Sesungguhnya ini memang sudah sangat keterlaluan dan tidak boleh dibiarkan,” ucap Robi Barus, Kamis (8/12/2022).

Baca Juga :  DPRD Medan Gelar Rapat Paripurna Tahun 2023

Untuk itu, Ketua Fraksi PDIP DPRD Medan tersebut meminta pihak kepolisian, dalam hal ini Polrestabes Pelabuhan Belawan untuk segera menangkap para pelaku tawuran dan memberikan sanksi hukum yang setegas-tegasnya.

Pasalnya, sambung Robi, aksi kriminal yang dilakukan para pelaku tawuran tersebut bukan hanya sudah meresahkan masyarakat, akan tetapi juga telah menimbulkan kerugian materi kepada masyarakat yang tidak tahu menahu atas kejadian itu.

“Mereka yang tawuran harus bertanggungjawab. Kita minta kepada pihak kepolisian agar segera menangkap para pelaku dan memproses mereka dengan tegas sesuai hukum yang berlaku. Pelaku harus diberikan efek jera, supaya mereka tidak mengulangi kesalahan yang sama,” ujarnya.

Tak hanya aparat kepolisian, Robi Barus juga meminta semua pihak yang terlibat dalam Satgas Medan Kondusif agar ikut bekerja keras dalam menjaga keamanan dan kondusifitas di kawasan Medan Belawan.

Apalagi, lanjut Robi, Wali Kota Medan Bobby Nasurij telah membentuk Satgas Medan Kondusif pada Sabtu (3/12/2022) malam. Bahkan pada malam itu, Bobby Nasution sempat berkeliling bersama Satgas Medan Kondusif untuk melihat situasi keamanan di Kota Medan, termasuk dengan mendirikan posko-posko keamanan.

Baca Juga :  DPRD Medan Minta Pemko Ringankan Beban Masyarakat

“Untuk itu, tolong semua pihak agar sama-sama berkolaborasi dalam menjaga keamanan dan kondusifitas di Kota Medan. Tujuan Wali Kota Medan membentuk Satgas Medan Kondusif adalah untuk memastikan stabilitas keamanan dan kondusifitas di Kota Medan, tolong Satgas Medan Kondusif ini agar benar-benar dimaksimalkan. Kita mau Kota Medan ini menjadi kota yang aman dan nyaman untuk semua orang,” pungkasnya. (MP/Rendi)

pasang iklan