Buka Festival Kewirausahaan, Bobby Nasution Harapkan Muncul Enterpreneur Muda Terbaik di Kota Medan

Buka Festival Kewirausahaan, Bobby Nasution Harapkan Muncul Enterpreneur Muda Terbaik di Kota Medan

Medan – Ketua Dekranasda Kota Medan Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution menghadiri pembukaan Festival Kewirausahaan periode IX yang digelar Fakultas Ekonomi Universitas Prima Indonesia (FE Unpri) di Kampus Unpri, Jalan Sampul, Medan Petisah, Sabtu (2/12/2023). Dalam Festival Kewirausahaan puluhan enterpreneur muda yakni pelajar dan mahasiswa turut mengisi bazar dari 70 tenant yang disediakan.

Festival Kewirausahaan Unpri periode IX ini dibuka oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Kadis Koperasi UKM dan Perindag, Benny Iskandar Nasution. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Founder Unpri, Prof Dr I Nyoman Ehrich Lister, Rektor Unpri, Prpf Chrismis Novalinda Ginting, Wakil Ketua Dekranasda Kota Medan, Ismiralda Wiriya Alrahman serta para mahasiswa dan mahasiswi Unpri.

Dalam membacakan sambutan Bobby Nasution, Kadis UKM dan Perindag mengatakan Pemko Medan menyambut baik dan mendukung festival kewirausahaan yang digelar Fakultas Ekonomi Unpri. Tentunya kegiatan ini sangat bagus untuk membangkitkan semangat generasi muda di kota Medan untuk menjadi pengusaha.

“Festival Kewirausahaan Unpri periode IX ini diharapkan akan muncul enterpreneur muda dengan inovasi terbaiknya untuk perkembangan wirausaha terutama di Kota Medan,” kata Benny Iskandar.

Menurut Benny Iskandar, peluang usaha sangat terbuka luas untuk generasi muda, oleh karena itu para pelajar dan mahasiswa jangan hanya terfokus dengan menjadi seorang pegawai negeri sipil atau kerja di perusahaan swasta, namun coba dan terus berusaha untuk menjadi Bos atas memiliki usaha sendiri. Karena enterpreneur muda sangat menentukan nantinya kedepannya bangsa Indonesia di tahun 2045, dimana diprediksi di tahun tersebut Indonesia masuk dalam negara ke-4 terbaik perekonomiannya di dunia.

Baca Juga :  Dugaan Manipulasi Data di SDN 064955, Syaiful: Mencederai Semangat Walikota

“Dengan semangat generasi muda Kota Medan menjadi seorang entrepreneur muda, maka kita akan lebih siap menghadapi dan mendukung untuk menjadikan Indonesia emas 2045 ataupun negara nomor 4 di dunia perekonomian yang lebih baik dan terkuat,” jelas Benny Iskandar.

Dijelaskan Kadis Koperasi UKM dan Perindag, dibidang UMKM banyak yang sudah dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution terhadap pelaku usaha, apalagi pemberdayaan UMKM termasuk dalam program prioritas Pemko Medan. Berbagai inovasi di bidang perekonomian telah dilakukan yaitu melakukan pembinaan bagi pelaki UMKM untuk melakukan ekspor ke berbagai negara.

“Tahun ini kita sudah melakukan ekspor di 7 negara termasuk wastra atau kain ulos yang ditenun oleh pelaku UMKM yang ada di Medan. Kain Wastra ini sudah dikirim ke negara Jerman dan negara Jamaika bahkan ke negara Spanyol. Kita juga melakukan seleksi produk unggulan layak ekspor dan melakukan FGD antar pelaku usaha,” Sebut Benny Iskandar.

Sebelumnya Rektor Unpri Prof Chrismis Novalinda Ginting menjelaskan kegiatan festival kewirausahaan Unpri periode IX yang sudah berlangsung sejak tahun 2012 ini bertujuan untuk menggali potensi-potensi wirausaha muda dari mahasiswa dan pelajar SMA dalam berwirausaha.

Baca Juga :  Arsip Harus Dikelola, Dipelihara & Dijaga Guna Mendukung Kualitas Pelayanan Publik

“Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari ini untuk memberikan motivasi bagi pelajar/mahasiswa untuk berani berwirausaha dan menjadi seorang entrepreneur muda yang peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Selain bazar yang diikuti sebagian besar pelaku usaha dari Pelajar/ Mahasiswa, kegiatan ini juga diisi dengan talkshow dan seminar,” Jelasnya.

Selanjutnya Ketua Dekranasda Kota Medan, Kahiyang Ayu Bobby Nasution didampingi Rektor Unpri melakukan pengguntingan pita sebagai dibukanya bazar UMKM dalam kegiatan Festival Kewirausahaan Unpri periode IX. Usai menggunting pita, Kahiyang Ayu melakukan peninjauan ke setiap tenant bazar UMKM yang didominasi pelaku usaha dari kalangan pelajar maupun mahasiswa. (MP/Rendi)

pasang iklan