Buka Musrenbang di Kecamatan Aek Ledong, Ini Penjelasan Asisten Ekonomi Pembangunan Pemkab Asahan

Buka Musrenbang di Kecamatan Aek Ledong, Ini Penjelasan Asisten Ekonomi Pembangunan Pemkab Asahan
Asisten Ekonomi Pembangunan Kabupaten Asahan, Drs. Muhili Lubis saat membuka Musrenbang di Kecamatan Aek Ledong.

Asahan – Asisten Ekonomi Pembangunan Pemerintah Kabupaten Asahan, Drs. Muhili Lubis buka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tingkat Kecamatan Aek Ledong Tahun 2024, Selasa (14/2/2023).

Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan di Kabupaten Asahan yang telah di tentukan agendanya oleh Bappeda mulai dari tanggal 14 hingga 15 Februari 2023. Kegiatan bertujuan untuk mendapatkan masukan prioritas dari Desa/Kelurahan serta menyepakati usulan kegiatan lintas desa dan kelurahan di Kecamatan.

“Sebagai dasar penyusunan rencana kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada tahun berikutnya,” kata Muhili dalam sambutanhya mewakili Bupati Asahan.

Selain itu, Muhilli menyampaikan bahwa Musrenbang merupakan sebuah tahapan sistem perencanaan pembangunan Nasional yang diatur dalam UU N0:25 Tahun 2004 yaitu dalam rangka penyusunan RKPD di setiap tahunnya.

Baca Juga :  Kapoldasu: TNI dan Polri Terlibat Tangani Covid-19

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2024 tingkat Kecamatan Aek Ledong yang digelar Hari ini merupakan tindak lanjut dari Musrenbang Desa/Kelurahan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan Desa/Kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas Pembangunan Daerah di Wilayah Kecamatan Aek Ledong. Selanjutnya akan menjadi bahan masukan dalam penyusunan RKPD Kabupaten Asahan Tahun 2024,” terang Muhili.

Sambungnya, keikutsertaan masyarakat melalui Musrenbang ini sangat penting untuk menjaring Aspirasi dalam menentukan prioritas bersama sesuai kebutuhannya.

“Dengan demikian program dan kegiatan pembangunan yang akan dihasilkan akan lebih Aspiratif, Transparan dan Akuntabel,” ucapnya.

Muhili menambahkan, kita juga harus mendukung program Nasional antara lain percepatan penurunan Stunting dan penanggulangan kemiskinan Ekstrem. (MP/Divan)

pasang iklan