oleh

Bupati Asahan Sampaikan LKPJ TA 2019

KISARAN – Bupati Asahan menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) tahun anggaran (TA) 2019 saat sidang Paripurna DPRD, Rabu (22/4/2020), di Aula Rambate Rata Raya Sekretariat DPRD Kabupaten Asahan.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD H Baharuddin Harahap SH MH menyampaikan, hal tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah, LKPJ kepala daerah serta pasal 20 ayat 1 dijelaskan paling lambat 30 hari setelah LKPJ diterima harus dilakukan pembahasan.

Lanjut Baharuddin, menurut ayat 2, berdasarkan hasil pembahasan LKPJ, DPRD memberikan rekomendasi sebagai bahan penyusun perencanaan pada tahun berjalan dan tahun berikutnya.

“Berdasarkan ketentuan tersebut, maka pada hari ini kita laksanakan rapat paripurna DPRD dalam acara penyampaian rekomendasi DPRD Kabupaten Asahan terhadap LKPJ Bupati Asahan TA 2019,” sebutnya.

Baca Juga :  Pemkab Asahan Gelar Upacara Hari Kesadaran Nasional Perdana di Tahun 2020

Sementara itu, mewakili Panitia Khusus (Pansus) LKPJ Bupati Asahan TA 2019 menyampaikan, bahwa pendapatan daerah perlu dilakukan intensifikasi dan ekstensifikasi serta evaluasi mendalam pada seluruh sumber pendapatan. Sebab, dilihat dari persentase realisasi dengan yang ditetapkan belum memuaskan dibandingkan dengan potensi dimiliki daerah ini. Harusnya, lanjut sia, target PAD jauh lebih besar dari yang ditetapkan.

“Contoh beberapa bidang yang menurut kami menjadi unsur penting yang perlu mendapat perhatian untuk dikelola sebaik mungkin yakni, bidang pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, kesbang dan politik dalam negeri, sosial, tenaga kerja serta lainnya,” tutupnya.

Menanggapi hal itu, Bupati Asahan H. Surya BSc menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada DPRD terkhusus Pansus LKPJ telah melakukan pembahasan atas LKPJ Pemerintah Kabupaten Asahan TA 2019, sehingga dapat memberikan rekomendasi terhadap LKPJ Bupati Asahan TA 2019.

Baca Juga :  Kadis KBP3A Asahan dan Istri Negatif Covid-19

“Hal ini adalah sebagai perwujudan komitmen kita di dalam mematuhi peraturan dan ketentuan yang berlaku di negara kita sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 dan disesuaikan dengan Tata Tertib DPRD Kabupaten Asahan. Rekomendasi yang telah disampaikan oleh Pansus LKPJ tadi merupakan sasaran dan masukan serta menjadi motivasi bagi pemerintah Kabupaten Asahan untuk meningkatkan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintah daerah dalam rangka peningkatan kinerja di masa yang akan datang. Jika Asahan berhasil, maka keberhasilan itu milik bersama. Namun jika terdapat kekurangan, maka itu yang harus diperbaiki dimasa yang akan datang,” ucap Bupati Asahan. (mp/sn)

pasang iklan anda

Komentar

Berita Populer