Bupati Nias Sampaikan Arahan Pada Acara Penyerahan Bantuan Kepada Kelompok Tani

  • Bagikan
Bupati Nias Sampaikan Arahan Pada Acara Penyerahan Bantuan Kepada Kelompok Tani

NIAS – Pemerintah Kabupaten Nias, melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Nias menyerahkan sejumlah bantuan benih padi sawah, benih lahan kering, pupuk dan obat-obatan kepada kelompok tani di wilayah Kabupaten Nias, bertempat di aula dinas pertanian dan ketahanan pangan Kabupaten Nias, Rabu (14/07/2021).

Acara penyerahan bantuan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Nias Arota Lase, Sekretaris Daerah Firman Yanus Larosa, Staf Ahli Bupati Nias, asisten Sekda Kabupaten Nias, Kepala OPD, Kabag Lingkup Setda Nias, para ketua kelompok tani penerima manfaat.

Kelompok tani penerima manfaat yakni :

  1. Kelompok tani Fahuwusa Desa Hilibadalu Kecamatan Sogaeadu,
  2. Kelompok tani Datafaeri Desa Hilihoru Kecamatan Bawalato,
  3. Kelompok tani Sinar gunung Desa Laowo Hilimbaruzo Kecamatan Idanogawo,
  4. Kelompok tani Soguna Khoda Desa Somi Kecamatan Gido.
Baca Juga :  Pemdes Somi Gelar Musyawarah Pertanggungjawaban Realisasi APBDes Tahun 2020

Bupati Nias Yaatulo Gulo mengatakan salah satu kendala yang dihadapi pada saat ini dalam mengembangkan usaha tani khusus komoditas padi dan komoditas palawija dan komoditas hortikultura yaitu keterbatasan dan kelangkaan tenaga kerja, sehingga tingkat capaian luas tanam, capaian produksi relatif masih rendah, belum lagi faktor-faktor lain, misalnya iklim ekstrim, musim kemarau, curah hujan tinggi yang mengakibatkan banjir.

“Serangan hama penyakit dan kondisi tradisional yang masih ada antara lain faktor kebiasaan dan pengetahuan keterampilan serta sikap para petani yang masih orientasi konsumtif belum berjiwa orientasi agribisnis,” ucap Bupati.

Dikatakannya, pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Nias berupaya menangani dan mengatasi permasalahan yang dihadapi para petani di lapangan.

Baca Juga :  Bupati Nias Paparkan Profil Kabupaten Nias Kepada Gubernur Sumut

“Saya berharap kepada penerima manfaat bantuan benih padi sawah, benih lahan kering, pupuk dan obat-obatan agar dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kemajuan kelompok. Lakukan pertanaman secara serentak serta meningkatkan luas tambah tanam, tutupnya,” pungkasnya. (Denius)

  • Bagikan