Bupati Zahir Buka Pelatihan Bilal Mayit

Bupati Zahir Buka Pelatihan Bilal Mayit
BUKA: Bupati Batubara Zahir membuka pelatihan bilal mayit yang diselenggarakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Batubara dan Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan di Kabupaten Batubara, di Hotel Grand Malaka Labuhan Ruku, Kecamatan Talawi, Selasa (28/11).

Batubara – Bupati Batubara Zahir membuka pelatihan bilal mayit yang diselenggarakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Batubara dan Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan di Kabupaten Batubara, di Hotel Grand Malaka Labuhan Ruku, Kecamatan Talawi, Selasa (28/11/2022).

Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-quran, dan doa bersama yang dihadiri Asisten I Setdakab Batubara Rusian Heri, Kabag Kesra Adenan Haris, Ketua MUI Batubara H.M.Hidayat, Kepala Kantor Kemenag Batubara Sakoanda Siregar, Camat Talawi Efendi, Vice President CSR PT. Inalum Persero Ali Hasian Harahap dan para peserta pelatihan.

Menurut ketua panita pelatihan Drs. Muhammad Masrob, pelatihan ini diikuti 151 bilal mayit yang ada di Kabupaten Batubara, dan dibagi menjadi 2 gelombang yaitu 73 peserta di Grand Malaka dan 78 peserta lainnya mengikuti pelatihan pada Selasa (29/11) di Kopi TM 100 Kecamatan Sei Suka.

Baca Juga :  Polrestabes Medan Tindak Tegas 3 Anggota Coba Rampok Sepeda Motor Warga

Bupati Zahir menyampaikan rasa terimakasih dan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan pelatihan bilal mayit ini. Ia berharap dengan pelatihan ini dapat meningkatkan keterampilan para bilal mayit dalam pelaksanaan dan tatacara penyelenggaraan jenazah sesuai dengan ajaran Islam. Selain itu melalui kegiatan pelatihan ini para bilal mayit dan penggali kubur betul-betul terbina, dan kegiatan ini dapat terus berkelanjutan.

“Bukannya selama ini tidak sesuai namun agar lebih baik lagi. Terhadap bilal mayit yang telah terlatih nantinya menjadi database Kemenag sehingga tahun depan ada anggaran yang diberikan ke bilal mayit yang telah terampil. Ini nantinya juga menjadi sebuah data untuk jaminan kecelakaan kerja atau BPJS ketenagakerjaan,” ucap Bupati Zahir.

Sementara itu, Vice President CSR PT. Inalum Persero Ali Hasian Harahap juga menyampaikan rasa terimakasih kepada Bupati Zahir karena telah membentuk Forum TJSL perusahaan yang ada di Batu Bara untuk bersama sama membangun Kabupaten Batubara.

Baca Juga :  Tahanan Polresta Tangerang Jalani Suntik Vaksinasi Covid-19

“Tidak hanya perusahaan saja tapi karyawan yang bekerja di perusahaan pun ikut berkontribusi untuk kegiatan pelatihan bilal nayit ini, semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses,” ucap Ali. (MP/AP)

pasang iklan