Bupati Zahir Komitmen Tingkatkan Profesionalisme Wartawan

Bupati Zahir Komitmen Tingkatkan Profesionalisme Wartawan
Bupati Zahir Komitmen Tingkatkan Profesionalisme Wartawan

Batubara – Bupati Kabupaten Batubara Zahir berkomitmen meningkatkan profesionalisme Wartawan melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke 52 yang dilaksanakan oleh PWI Kabupaten Batubara bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Batubara, Minggu (18/12/2022) di Aula Rumah Dinas Bupati Batubara.

Dalam kesempatan itu, Bupati Batubara Zahir mengapresiasi unsur pengurus PWI Kabupaten Batubara yang telah melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan. Uji Kompetensi Wartawan merupakan kompetensi ke-4 yang diselenggarakan di Kabupaten Batubara.

“Ini merupakan uji kompetensi ke-4 yang diselenggarakan dibawah kepemimpinan Bupati Zahir-Oky, setelah dilantik pada 2018. Ini merupakan komitmen kita bersama untuk meningkatkan kompetensi wartawan di Kabupaten Batubara,” ujarnya.

Menurut Zahir, Uji Kompetensi Wartawan merupakan salah satu cara yang dilakukan Dewan Pers untuk memberikan standar dan mengukur profesionalisme seseorang dalam melaksanakan kegiatan jurnalistik.

Baca Juga :  Rapat Paripurna Laporan Hasil Reses Anggota DPRD Medan dari Dapil 1 s/d 5, Masih Banyak Keluhan Terkait Infrastruktur dan UHC

Uji Kompetensi sebagai langkah menjadikan wartawan memiliki kompetensi yang handal dibidangnya. Wartawan yang memahami dan melaksanakan kode etik jurnalistik, pasti akan menjadi wartawan yang memiliki kompetensi yang dapat diandalkan.

“Profesional awak media sangat diperlukan disaat akses informasi yang begitu cepat. peran jurnalis sangat penting sebagai kontrol sosial disamping mitra strategis menjembatani pemerintah dengan publik. Sebagai mitra, tentu saya berharap agar kita bisa sama-sama bekerja membangun narasi baik serta tudak menyebarkan berita hoaks,” ujarnya.

Ketua PWI Sumut diwakili ketua DKP Muhammad Syahrir mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Batubara, karena terbanyak melaksanakan UKW di Provinsi Sumatera Utara. Ia berharap, UKW tetap dilaksanakan di Batubara pada tahun kedepannya, guna meningkatkan profesionalitas wartawan.

Baca Juga :  Kapolres Batubara Bagikan Masker dan Hand Sanitizer kepada Personil

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Batubara Alpian mengapresiasi Pemkab setempat telah berkomitmen meningkatkan profesionalitas dan kualitas wartawan melalui UKW. Ia menyebutkan, UKW angkatan ke-52 dikuti 3 kelas dengan rincian 1 kelas jenjang madya dan 2 kelas jenjang muda. (MP/Ap)

pasang iklan