oleh

Cara Bagus Menghubungkan Mouse Dengan Handphone

METROPUBLIK.COM – Sekarang ini, siapa yang tidak suka menggunakan ponsel berbasis Android? Ponsel Android mempunyai banyak sekali kelebihan yang belum ada di ponsel jenis lainnya.

Mulai dari ponsel yang bisa dihubungkan dengan smart watch, smart TV, PC, dan perangkat wearable lainnya.

Sungguh luar biasa keunggulan dan kecanggihan dari ponsel android tersebut.

Namun dikesempatan ini, Anda akan diberi tahu mengenai bagaimana cara mudah menghubungkan mouse ke android.

Sebagian orang belum memahami bahkan belum mengetahui cara mudah tersebut. Terdapat 2 cara mudah yang bisa dilakukan. Cara mudah tersebut adalah sebagai berikut.

Cara pertama adalah memakai mouse Bluetooth.
Cara kedua adalah memakai mouse kabel.

Kedua cara tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Adapun kelebihan dan kekurangan dari kedua cara tersebut adalah sebagai berikut:
Kelebihan dan kekurangannya:

Cara pertama: Jika Anda memilih untuk memakai cara pertama maka kelebihannya adalah lebih mudah, simpel, dan tidak ribet. Penyebabnya adalah cara pertama ini hanya memakai sebuah mouse bluetooth berikut adapternya (pada umumnya adapter sudah jadi satu dengan mouse saat membelinya) dan kabel OTG. Kemudian, dengan menggunakan yang cara yang pertama, daya ponsel android tidak cepat terkuras. Hal ini dikarenakan mouse bluetooth sudah memiliki daya listrik sendiri yang berasal dari baterai, berbeda dengan mouse kabel yang tidak mempunyai daya sendiri.
Cara Kedua: Jika menggunakan cara yang kedua, sebetulnya juga terbilang mudah dan efisien. Sama halnya dengan cara yang pertama yaitu dengan menggunakan mouse kabel dan kabel OTG. Kelebihan dari cara kedua yaitu alat yang dibutuhkan lebih sedikit. Hanya saja kekurangannya jika Anda menggunakan cara ini adalah daya baterai ponsel anda akan habis lebih cepat. Penyebabnya adalah mouse kabel ini tidak mempunyai daya sendiri. Mouse kabel harus mengambil daya dari ponsel Anda tersebut.

Peralatan yang Dibutuhkan:

Baca Juga :  Dua Fitur Baru WhatsApp Akan di Luncurkan
Ponsel Android
Mouse Kabel atau Bluetooth
Ponsel support OTG
Kabel USB 

Berikut ini cara memasang mouse di hp:

Jika semua peralatan sudah disiapkan, langkah pertama dalam cara mudah menghubungkan mouse ke android yaitu dengan cara menyambungkan kabel OTG ke ponsel Android yang ingin dipakai.
Setelah kabel OTG sudah tertancap diponsel android, langkah berikutnya adalah menghubungkan mouse ke kabel OTG. Bisa menggunakan mouse kabel atau mouse bluetooth.
cara mudah menghubungkan mouse ke android selanjutnya adalah mouse kabel, langsung saja hubungkan mouse ke port OTG. Secara otomatis ponsel android akan mendetect sendiri.
Jika memakai mouse bluetooth, hubungkan terlebih dahulu adapter bluetooth ke port OTG.
Jika bluetooth sudah terhubung dengan ponsel maka akan muncul kursor panah pada monitor layaknya seperti yang ada pada PC.

Catatan: kursor tidak selalu muncul secara langsung atau tidak terlihat. Anda bisa melihat jika mouse sudah terhubung dengan ponsel adalah dengan munculnya kotakan hijau pada menu home.

Baca Juga :  Pelajari Secara Lengkap Cara Screenshot Hp Nokia Lumia 620

Cara diatas tadi sudah dipraktikkan langsung pada ponsel Xperia Z Ultra.

Tidak ada kendala apapun yang muncul, semua langkah dilakukan dengan lancar saat digunakan.

Selain dapat dihubungkan dengan mouse, ponsel Android juga bisa dikoneksikan dengan stick PS dan keyboard.

Mungkin bisa dibahas pada tutorial berikutnya. Semoga tutorial ini membantu mengenai cara mudah menghubungkan mouse ke android.

pasang iklan anda

Komentar

Berita Populer