Cegah Covid-19, Ketua DPRD Medan Dukung Alokasi Anggaran OPD

  • Bagikan
mendukung alokasi anggaran

MEDAN – Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim, mengatakan DPRD Kota Medan secara kelembagaan siap mendukung alokasi anggaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemko Medan sesuai dengan kebutuhan dalam menangani pencegahan wabah virus corona (Covid-19) di Kota Medan.

“Intinya, penanganan Covid-19 ini harus dilakukan secara maksimal, termasuk dampak sosialnya,” tegas Hasyim usai rapat internal bersama para Wakil Ketua, para Ketua Fraksi dan Sekwan DPRD Kota Medan, Senin (6/4/2020).

Seyogyanya, kata Hasyim, rapat koordinasi dilakukan bersama dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemko Medan karena menindaklanjuti instruksi Mendagari. “Instruksi Mendagri itu dinyatakan harus ada laporan pemerintah daerah dalam 7 hari terkait dengan pergeseran anggaran. Dikarenakan mereka (TAPD, red) sibuk, makanya kita di internal menyepakatinya dulu. Yang jelas, rapat koordinasi ini akan kita lakukan kembali bersama TAPD,” katanya.

Baca Juga :  Akhyar Ucapkan Terima Kasih Yonmarhanlan I Belawan Bagi 2.200 Paket Sembako

DPRD sendiri, sebut Hasyim, sepakat dan sependapat untuk memutus mata rantai wabah Covid-19 di Kota Medan. “Artinya, penanganan Covid-19 ini harus cepat. Salah satunya dengan memaksimalkan Bansos kepada masyarakat,” ujarnya.

Bahkan, sambung Hasyim, DPRD menilai bantuan 1.000 ton beras yang disalurkan Pemko Medan bisa lebih dimaksimalkan lagi. “Penyaluran beras itu bisa lebih besar lagi mencapai 10.000 ton,” ucapnya.

Disinggung tentang pergeseran anggaran, Hasyim, menambahkan sangat memungkinan dilakukan di setiap OPD pada pos anggaran yang sifatnya tidak urgen.

“Seperti alokasi anggaran pengadaan barang dan jasa. Jika tidak mungkin untuk dilaksanakan dan dikhawatirkan terjadinya Silpa, besar kemungkinan dialihkan,” katanya.

Untuk Sekretariat DPRD sendiri, lanjut Hasyim, pergeseran anggaran itu bisa mencapai Rp20-30 miliar. “Itupun menunggu perhitungan lebih dalam lagi dari bagian keuangan dulu. Yang jelas, intinya DPRD sepakat mendukung pengalokasian anggaran untuk penanganan Covid-19 ini sesuai dengan kebutuhan,” pungkasnya.

Baca Juga :  Cepat Cegah Wabah Covid 19, DPRD Siap Diajak Koordinasi Dengan Pemko

Hadir dalam rapat koordinasi itu, Ihwan Ritonga, Rajudin Sagala, Bahrumsyah, Surianto (F-Gerindra), Rudiyanto (F-PKS), Edwin Sugesti Nasution (F-PAN), Afif Abdillah (F-NasDem), Parlindungan (F-Demokrat), Mulia Asri Rambe (F-Golkar), Erwin Siahaan (F-HPP).

pasang iklan anda
  • Bagikan