Diduga Lama Ditindaklanjuti Laporan, Warga Tangkap Pelaku Pencuri dan Serahkan di Polsek Medan Area

  • Bagikan
Diduga Tidak Ditindaklanjuti Laporan, Warga Tangkap Pelaku Pencuri dan Serahkan di Polsek Medan Area
Pelaku bersama barang bukti.

MEDAN Diduga laporan warga di Polsek Medan Area tidak kunjung di tindaklanjuti terkait kasus pencurian, warga Bajak V dan Menteng VII rame – rame menangkap pelaku dan menyerahkan ke Polsek Medan Area, Sabtu (18/09/2021) kemarin.

Korban Dasimariati Zebua (35) warga Jalan Menteng VII, Kelurahan Medan Tenggara, Medan Denai, Kota Medan, mengatakan awalnya kejadian ini bermula pada hari Kamis (09/09/2021) pukul 04.30 WIB terjadi pencurian di rumahnya.

Kemudian, di saat itu juga ia langsung membuat laporan di Polsek Medan Area dengan nomor LP/B/625/IX/2021/Polsek Medan Area/Polrestabes Medan/Polda Sumut.

“Atas peristiwa ini, saya mengalami kerugian satu unit sepeda motor merek Honda Mega Pro warna hitam abu-abu tahun 2011 Nopol BK 2949 ACB beserta BPKB, satu unit TV LED 32 inci, dua unit HP serta tas yang berisi uang Rp.5.000.000.-(lima juta rupiah),” ujarnya kepada Metropublik.com, Senin (20/09/2021).

Baca Juga :  Dengan Prokes Ketat, Kapoldasu Pimpin Sertijab 11 Pejabat Utama

Dikatakannya, namun ianya sudah menunggu lama proses hukum dari Polsek Medan Area, namun belum ada tindaklanjut. Bahkan, Dasimariati mengaku pihak Juru Periksa (Juper) menyuruh mereka untuk menangkap pelaku.

“Warga lainnya yang juga mengaku sebagai korban aksi kejahatan pencurian dan telah membuat laporan pengaduan ke Polsek Medan Area namun tidak ada tindaklanjut sehingga membuat warga nekat melakukan penangkapan terhadap pelaku Herbin Manalu dan diserahkan ke pihak Kepolisian Polsek Medan Area,” ucapnya.

Lanjutnya, terbongkarnya kasus ini saat warga berpura-pura mengatakan kepada Herdin Manalu (Pelaku-red) bahwa dia sudah kemalingan, bila ada mendengar informasi penjualan kendaraan Mega Pro, tolong di infokan.

Dalam kesempatan itu, Desimariati berpura-pura ingin mau ke toilet, meminta izin kepada istri Herdin Manalu, namun tidak di izinkan tetapi Desi masuk ke dalam dengan alasan sudah tidak tahan lagi buang air kecil.

Baca Juga :  Rinal Di vonis 2 Tahun 10 bulan, Rinal : Pikir-pikir Dulu Yang Mulia

“Begitu masuk saya melihat kendaraan yang sudah di bongkar alias di cincang lalu saya memanggil suami saya bersama warga lainnya untuk melihat kendaraan tersebut,” katanya.

Yakin bahwa kendaraan tersebut miliknya, suami Desi menanyakan kepada Herbin Manalu namun tidak di jawab, Hedin Manalu mencoba melarikan diri dengan naik di atas atap rumah akhirnya warga berhasil menangkapnya dan langsung di bawa ke Mapolsek Medan Area.

Kanit Reskrim Polsek Medan Area IPTU Rianto kepada awak Media Metropublik.com, Senin (20/09/2021) membenarkan penangkapan tersebut oleh warga dan sedang dalam proses pengembangan sebab masih ada pelaku lainnya.

“Benar, terduga pelaku Herdin Manalu sudah diamankan dan sedang dalam proses pengembangan, masih ada pelaku lainnya,” pungkas Kanit.

Penulis : Ariyus Laia
Editor
: Redaksi

  • Bagikan