oleh

Dinas Lingkungan Hidup Sidak Tambak Udang Milik PT Trijaya Usaha Mandiri

-Daerah-251 views

DELISERDANG Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Deli Serdang sidak lapangan untuk melihat keberadaan tambak udang milik PT Trijaya Usaha Mandiri yang diduga Ilegal dibangun di Desa Pantai Labu Pekan, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Rabu (27/02/2020).

TIM DLH yang turun dilapangan Rival Silaen mengatakan bahwa inspeksi yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup atas dasar laporan pengaduan Edison Gulo seorang aktifis unsur Ketua DPD GWI Sumatera Utara (Gabungan Wartawan Indonesia), yang juga merupakan penduduk berdomisili di Kabupaten Deli Serdang

“Kami langsung tindak lajuti pengaduan masyarakat dan sekarang kita langsung kelapangan,”ungkap Silaen.

Baca Juga :  Sat Narkoba Bersama BNNK Siantar melakukan Sosialisasi ke Sekolah

Terkait mengenai pemberian Ijin Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dan Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UPL), Silaen mengatakan bahwa tidak pernah dikeluarkan oleh Dinas Lingkungan Hidup kepada PT Trijaya Usaha Mandiri.

“PT Trijaya Usaha Mandiri, pemilik Tambak Udang itu, tidak pernah bermohon ijin AMDAL kepada kami, dan hal ini baru kami tau, PT Trijaya Usaha Mandiri punya usaha tambak udang di wilayah Kabupaten Deli Serdang,” tegas Rival Silaen.

Ketua DPD HAPI SUMUT (Himpunan Advokat/Pengacara Indonesia) Adv. Radius Purnawira kepada Metropublik.com mengatakan bahwa perbuatan PT Trijaya Usaha Mandiri ini, merupakan perbuatan tindak pidana. Karena membangun usaha tambak udang tanpa ijin Lingkungan Hidup AMDAL dan UPL adalah perbuatan melawan Hukum.

Baca Juga :  Komsos Merupakan Ajang Kedekatan Babinsa Bersama Warga Binaanya

“Bagi perusahaan yang tidak memiliki ijin lingkungan, terancam Pidana hingga 3 Tahun penjara dan Denda Rp. 3 miliar,” tegas Radius.

Dari hasil pantauan awak media bersama Dinas Lingkungan Hidup, terlihat kolam udang yang dibangun sangat besar sekali, dibangun dibelakang Pekong dan dipagar dengan seng setinggi 3 Meter, sehingga lolos dari pantauan Dinas Lingkungan Hidup, dan dari Dinas Pendapatan.

Dari hasil perkiraan kasar dengan memiliki 10 kolam tambak udang yang sangat besar, dan memiliki Travo sendiri dari PLN dengan Kapasitas arus yang sangat besar, PT Trijaya Udaha Mandiri meraup keuntungan Puluhan Milyar Pertahun, yang pajaknya diduga tidak pernah disetor kenegara. (MP/Red)

Komentar

Berita Populer