oleh

Dinas Perkimsi Galakan Juber dan Tasa

TEBINGTINGGI – Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Kebersihan (Perkimsi) Kota Tebingtinggi galakan program jumat bersih (Juber) dan tau sampah ambil (tasa) di setiap sekolah dan masyarakat pada umumnya.

Penggalakan program ini untuk mengurangi jumlah sampah baik yang dihasilkan dari sekolah sekolah dan masyarakat Kota Tebingtinggi, karena ada sampah yang bisa terurai dengan tanah, ada juga limbah sampah yang tidak bisa terurai dengan tanah hingga ratusan tahun.

“Kami mengajak seluruh sekolah dan masyarakat untuk peduli dengan sampah, dengan adanya program juber dan tasa kita harapkan sampah bisa berkurang di Kota Tebingtinggi,” bilang Kadis Perkimsi Kota Tebingtinggi Zubir Husni Harahap, Kamis (26/9/2019).

Diterangkan Zubir, masalah sampah ini sangat pelik, contohnya di Kota Tebingtinggi sampah yang dihasilkan dari masyarakat mencapai ratusan ton perharinya dan itu berakhir di tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA).

Baca Juga :  Yamaha Vixion BK 2024 TAV Milik Ema ditarik Paksa oleh Pihak Eksternal FIF

Menurutnya jumlah sampah yang dihasilkan dari masyarakat Kota Tebingtinggi perharinya 0,7 kilogram di kali dengan jumlah penduduk mencapai 160.000 jiwa, jadi perharinya sampah yang dihasilkan mencapai 112 ton.

“Jika kita memberikan pendidikan sedini terkait sampah kepada masyarakat dan pelajar, maka kedepan bagaiamana banyaknya sampah yang dihasilkan, lama kelamaan, bumi akan tertutup sampah,” terang Zubir.

Masih menurutnya, memandang sampah selama ini di benak kita adalah jorok dan kotor, tapi dilain itu, sampah bisa mendatangkan rezeki bagi masyarakat yang mau memfaatkan dengan baik, banyak warga yang menggantungkan hidupnya dengan sampah, seperti orang orang yang memungut sampah di TPA.

Bukan itu saja, sampah organik bisa di manfaatkan untuk pembuatan pupuk Kompos, sedangkan sampah non organik bisa dimanfaatkan menjadi kerajinan tangan jika itu dikelola dengan baik, maka sudah pasti mendatangkan rupiah.

Baca Juga :  Penilaian PAAR, Tim Monitoring Provsu Terkesima Melihat Sirumbia Sebagai Desa Percontohan

Sedangkan untuk juber, kita mengajak seluruh masyarakat dan pelajar untuk melaksanakannya, sedangkan tasa, kita harapkan pelajar dan masyarakat melihat sampah langsung ambil. (MP/TIM)

pasang iklan anda

Komentar

Berita Populer