oleh

Dinkes Gelar Pemeriksaan HIV/AIDS Kepada PSK

TEBINGTINGGI – Dinas Kesehatan Kota Tebingtinggi melakukan pemeriksaan sekaligus penyuluhan terhadap sejumlah wanita pekerja malam dan waria terkait HIV/AIDS di sejumlah losmen dan cafe di Tebingtinggi, Rabu (18/12/2019) malam.

Tes yang dilakukan hingga pukul 02.00 WIB terhadap 12 orang yang ditemui di beberapa losmen dan cafe yang ada di seputaran Kota Tebingtinggi seperti Losmen Bahagia dan Losmen Delima.

Selain melakukan pemeriksaan di losmen dan cafe tim juga melakukan pemeriksaan terhadap lima orang Waria dilokasi tempat mangkalnya para Waria.

Kadis Dinas Kesehatan Kota Tebingtinggi, dr Nanang Fitra Aulia menyatakan dari 12 orang yang dilakukan pemeriksaan tes HIV/AIDS, sebanyak 11 orang dinyatakan negatif, sementara seorang laki laki pengunjung suatu losmen dinyatakan reaktif.

Baca Juga :  Dinas Kesehatan Menerima 28 Dokter Program Intrenship

“Setelah kita lakukan pemeriksaan dan penyuluhan, 11 orang wanita pekerja malam dan waria dinyatakan negatif. Kita menyarankan kepada mereka untuk menjauhi hubungan intim diluar nikah dan tetap harus menggunakan alat pengaman,” jelasnya.

Sedangkan kepada laki laki tersebut disarankan petugas untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke rumah sakit agar lebih lengkap dan dilakukan pengobatan.

dr Nanang Fitra Aulia didampingi dr Alven Julius sebagai dokter dilapangan mengatakan pada pemeriksaan ini tidak ada unsur pemaksaan. Petugas datang memberikan penyuluhan dan menganjurkan yang berkenan dilakukan pemeriksaan gratis dilakukan oleh petugas.

“Meskipun banyak ditemukan wanita pekerja malam (PSK) dilapangan, namun yang bersedia diperiksa 12 orang, sementara yang lain kabur meninggalkan tempat. Ke depan akan dicoba cara yang terbaik untuk mereka mau dilakukan pemeriksaan, agar lebih dini diketahui pengidap penyakit HIV/AIDS itu,” katanya. (MP/TIM)

pasang iklan anda

Komentar

Berita Populer