oleh

Dirut Bank Sumut Gandeng Wartawan Demi Kepentingan Masyarakat

Medan – Dirut PT. Bank Sumut bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara (Sumut) mengadakan ujian calon anggota muda dan biasa PWI Sumut Tahun 2019 bertempat di Ballroom Lantai 10 Gedung PT Bank Sumut, Sabtu (28/12/2019).

Direktur Bank Sumut, Muchammad Budi Utomo, mengucapkan terimakasih kepada PWI Sumut atas kerjasamanya yang sudah terjalin selama ini. Betapa pentingnya media untuk perbankan khususnya Bank Sumut dalam pemberitaan kegiatan-kegiatan Bank Sumut.

“Kita tidak tau lima tahun kedepan perkembangan perbankan. Jadi untuk itu kita berharap media bisa membuat berita kepentingan masyarakat yang mudah dan bisa cepat di pahami,”ujar Direktur Bank Sumut, Muchammad Budi Utomo.

Peserta calon anggota PWI Sumut foto bersama usai ujian.

Dikatakannya, persepsi sangat berbeda bila media membuat berita yang tidak menguasai perbankan. Untuk itu, ia mengharapkan wartawan bisa menguasai pertumbuhan Bank Sumut dan juga yang mau akan di tulis.

Wartawan perlunya pembekalan untuk menulis berita – berita di bidangnya seperti di bagian keuangan. Hal ini sangat perlu di lakukan agar masyarakat lebih paham dan mengetahuinya,”paparnya.

Ia berharap media bisa menjalin kerjasama yang baik terhadap Bank Sumut untuk keperluan masyarakat Sumatera utara.

Baca Juga :  Akhyar Minta Masyarakat Sadar dan Disiplin Menggunakan Masker

“Mari, kita sama-sama untuk bekerjasama membangun Sumatera Utara yang lebih baik lagi. Beritakanlah hal yang positif untuk publik,” harapnya.

Lanjutnya, di Bank Sumut ini ada namanya Go Public. Banyak keuntungan bagi perusahaan untuk melakukan penawaran umum atau initial public offering (IPO) atau biasa disebut go public.

“Ada enam manfaat go public yaitu, Membuka akses perusahaan terhadap sarana pendanaan jangka panjangn yang lebih luas, meningkatkan kinerja perusahaan dan value (nilai) perusahaan, meningkatkan image perusahaan, menumbuhkan loyalitas karyawan perusahaan, mempercepat penerapan GCG, dan insentif pajak,”tandasnya.

Sementara itu, ditempat yang sama Ketua PWI Sumut, H.Hermansjah,SE mengatakan, peran Bank Sumut yang dilakukan selama ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Ini salah satu kemajuan bagi perbankan.

“Kita mengapresiasi PT Bank Sumut atas kerjasamanya untuk mendukung ujian calon anggota muda dan biasa PWI Sumut Tahun2019,”ucap Ketua PWI Sumut, H. Hermansjah.

Dikatakannya, profesi wartawan ini sangat mulia. Jadi bagi wartawan harus mempelajari dan memahami kode etik jurnalistik serta cara-cara penulisan ramah anak.

“Wartawan itu harus independent dalam penulisan berita dan tidak pro satu dengan yang lain. Lengkapi narasumber serta lakukan cek dan ricek berita sebelum di terbitkan. Kemudian pelajari kode etik jurnalistik, uu pers dan PPRA,”jelas Hermansjah.

Baca Juga :  Alamak..!! Camat Belawan Berang, Akibat Karang Taruna Belawan Surati Komisi A DPRD Sumut

Lanjut Hermansjah, wartawan itu dalam jadwal waktu harus on time. Waktu sangat perlu di perhatikan dan displinkan.

“Jangan seperti tadi, jam yang sudah di tentukan yaitu pukul 08.00 wib. Sementara peserta calon ujian datang pukul 09.00 wib. Ini hal yang perlu diperhatikan dan tidak bisa di langgar. Kalau sedang mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW), para peserta sudah gagal karena masalah waktu tidak tepat,”pungkasnya.

Di tempat yang sama, Drs. Khairul Muslim dalam sambutannya mengatakan, pembukaan pendaftaran untuk mengikuti ujian calon anggota muda dan biasa di mulai pada 23 Desember 2019 sampai 27 Desember 2019.

“Jadi, ada 93 anggota yang mengikuti wartawan muda, namun cuman 65 orang yang hadir. Sementara untuk calon anggota biasa sebanyak 16 orang dan hadir cuman 13 orang,”ujar Khairul Muslim di hadapan sejumlah peserta calon anggota PWI Sumut.

Drs. Khairul Muslim mengapresiasi calon anggota PWI Sumut kali ini adalah para pemimpin redaksi dan wartawan yang masih aktif di seluruh Sumatera Utara.

“Kami bangga dan senang dimana yang mengikuti ujian muda kali ini para Pemimpin Redaksi dan wartawan yang masih aktif di seluruh Sumatera Utara. Ini suatu kebanggaan kita semua,” tandasnya. (MP/Red)

Komentar

Berita Populer