oleh

DPRD Medan Usulkan Dana Perjalanan Dinas Dewan Dialihkan Untuk Membantu Warga

MEDAN – Anggota DPRD Kota Medan, Antonius Devolis Tumanggor, S.Sos asal Dapil 1 Medan mengusulkan agar dana perjalanan dinas anggota DPRD Medan dialihkan sementara untuk membantu warga Medan yang terdampak penanganan wabah Covid-19. Pasalnya, sejak Pemko Medan memberlakukan kebijakan kerja di rumah, dirinya sudah banyak menerima keluhan dari warga yang kesulitan ekonomi karena tidak bisa lagi bekerja seperti biasa.

“Ini bukan untuk kepentingan kami (DPRD Medan-red) tapi untuk warga Kota Medan. Sebenarnya ini tanggung jawab Dinas Sosial, namun karena ini sudah masalah dunia, kita juga harus turun tangan. Saya rasa, semua anggota DPRD Medan merasakan hal yang sama juga. Selaku anggota dewan yang dipilih oleh rakyat, saya siap membantu masyarakat semampu dan sebisa saya. Namun perlu juga diketahui, bahwa kami juga memiliki keterbatasan untuk membantu warga masyarakat. Sehingga, muncul lah usulan agar dana anggota dewan yang tidak dipergunakan selama wabah virus corona dapat dialihkan untuk membantu warga Medan sesuai dapil masing-masing,”ujar Antonius Tumanggor, Kamis (2/4/2020).

Baca Juga :  DPRD Medan Dorong DPMPTSP Miliki Kekuatan Tenaga Pengawas

Dicontohkan Antonius, usulan pengalihan dana anggota dewan yang dia maksud seperti biaya perjalanan dinas antar kota dalam provinsi yang setiap minggu dilaksanakan.

“Karena ini sudah merupakan bencana nasional dan dunia, kita harus bersama dan kompak memberikan solusi bagaimana agar wabah Covid-19 ini segera dapat selesai. Pemerintah Kota Medan, dalam hal ini, Plt.Walikota Medan harus segera merespon usulan dewan ini, dan bila perlu dilakukan rapat koordinasi terkait penggunaan pos-pos anggaran yang dianggap bisa dijadikan untuk membantu masyarakat selama covid-19 ini masih merupakan ancaman dan bencana,” terang Antonius.

Politisi dari Partai NasDem Kota Medan ini juga menjelaskan, tidak ada pilih kasih terhadap virus corona, siapa saja bisa terkena saat ini. Untuk itu, jangan sampai wabah semakin bertambah banyak, dan akhirnya Pemko Medan tidak siap. Selain itu sambung Antonius, dampak ketakutan dan kepanikan masyarakat di tengah wabah virus corona bukan lagi masalah terpapar virus tersebut, melainkan terkait kebutuhan pangan masyarakat yang tidak mampu lagi dipenuhi.
“Yang terjadi nantinya malah penjarahan, dan keributan akibat tidak ada lagi kebutuhan pokok di rumah masing-masing, ini harus diantisipasi sejak dini,”sebutnya.

Baca Juga :  DPRD Medan Kecewa Karena Pemko Tidak Libatkan Dalam Penanganan Virus Corona

Karenanya, Wakil Ketua Fraksi NasDem DPRD Medan ini berharap Pemko Medan mengizinkan dana perjalanan dinas anggota dewan tersebut dapat digunakan anggota dewan untuk membantu konstituennya masing-masing, terutama untuk pengadaan kebutuhan pangan warga.

Bila perlu, tambah Antonius lagi, kalau dana perjalanan dinas saja tidak cukup, dia usul agar anggaran untuk kegiatan sosialisasi peraturan daerah dan reses anggota dewan juga dialihkan sementara untuk membantu warga Medan yang sudah sangat membutuhkan.

“Saat ini warga sangat membutuhkan bantuan ekonomi, apalagi ini sudah mendekati bulan puasa, kita sebagai wakil rakyat wajib membantu warga yang membutuhkan,” tandasnya.

pasang iklan anda

Komentar

Berita Populer