oleh

Gumpalan Asap di Rutan Kabanjahe, Narapidana Mengamuk

-Headline-87 views

KABANJAHE – Suasana Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kabanjahe, yang berada di Jalan Bhayangkara, Kabanjahe, mendadak heboh, dikabarkan mengalami kerusuhan pada Rabu (12/2/2020).

Amatan wartawan dari dalam Rutan terlihat banyak bebatuan yang melayang diduga dilemparkan oleh warga binaan.

Menurut informasi, warga binaan yang diduga mengamuk ini terjadi sekira pukul 12.00 WIB, kerusahan terjadi diduga adanya pemeriksaan sejumlah handphone sehingga para narapidana yang tidak terima melakukan perlawanan sehingga berujung kerusuhan.

Mendapati laporan kerusuhan di dalam rutan tersebut, personil Polres Tanah Karo langsung turun ke lokasi melakukan pengamanan dan mengevakuasi para narapidana.

“Sementara kami masih melakukan evakuasi sebagian napi,” kata Kapolres Tanah Karo,” AKBP Benny Hutajulu kepada wartawan.

Baca Juga :  Kapal KM.EKA CAHAYA Bongkar Kasur di Parit Gompng Tanpa Pengawasan

Benny menjelaskan, saat ini polisi sudah berada di lokasi untuk melakukan penyekatan. Penanganan kericuhan dilakukan dengan bantuan TNI. “Penyekatan keliling lapas di bantu perkuatan dari TNI,” terangnya.

Hingga saat ini, belum diketahui apa penyebab pasti kerusuhan yang terjadi dari dalam Rutan ini. “Belum tau apa penyebabnya bang, tiba-tiba saja tadi ribut di dalam,” ujar pria yang terlihat mengenakan setelan pegawai Rutan.

Selain bebatuan yang terlihat terus melayang di udara, tak lama juga terlihat kepulan asap yang membumbung dari atas atap Rutan. Hingga kini, aparat kepolisian dari Polres Tanah Karo sudah berada di lokasi untuk melihat suasana.

Kerusuhan di Rutan Kelas II Kabanjahe semakin menjadi-jadi. Ratusan warga binaan terus melempar batu di Rutan Kelas II Kabanjahe, bahkan asap hitam membubung tinggi. Terlihat, petugas Damkar sudah di lokasi untuk memadamkan api.

Baca Juga :  Emak - Emak Grebek dan Obrak Abrik Lokasi Judi di Belawan

Sementara, personel TNI mencoba menenangkan narapidana. Berkali-kali terdengar letusan senjata. Menurut informasi, memang sejak awal sudah terjadi aksi gesekan antar sesama tahanan.

Para napi Dievakuasi ke Mapolres Tanah Karo

Seluruh tahanan ini dievakuasi secara bertahap dengan menggunakan mobil tahanan Polres Tanah Karo, dan Mobil Tahanan Kejaksaan Negeri Karo.

Terlihat, mereka dievakuasi dari bagian belakang Rutan, kemudian ke bagian samping, hingga akhirnya dimasukkan ke mobil tahanan.

Saat proses evakuasi, seluruh tahanan mendapatkan pengawalan ketat dari pihak kepolisian dan TNI. Sebelum memasuki mobil tahanan, mereka diminta untuk berjalan jongkok. (MP/MI)

Hosting Unlimited Indonesia
loading...

Komentar

Berita Populer