Hindari Munculnya Klaster Baru, Hasyim Ingatkan Masyarakat Waspadai Menjelang Nataru

Hindari Munculnya Klaster Baru, Hasyim Ingatkan Masyarakat Waspadai Menjelang Nataru
Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim. (Ist)

MEDAN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan, Hasyim SE mengingatkan, masyarakat untuk mewaspadai kemungkinan munculnya klaster-klaster baru terutama di tempat dengan potensi penularan tinggi.

“Kewaspadaan itu perlu ditingkatkan apalagi menjelang periode libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022,” kata Hasyim SE, ketika dihubungi melalui telepon selularnya, Rabu (08/12/2021).

Menurutnya, tidak tertutup kemungkinan munculnya klaster-klaster baru terutama di tempat-tempat dengan potensi penularan tinggi seperti di perkantoran, pasar, sekolah, asrama-asrama dan lembaga pemasyarakatan. ”Ditambah tempat objek-objek wisata,” ujar Ketua DPRD Kota Medan ini.

Ia kembali mengingatkan, meski tren penularan Covid-19 saat ini melandai, tetapi kewaspadaan perlu dilakukan menjelang libur panjang akhir tahun. Berbagai upaya yang dapat dilakukan adalah meningkatkan cakupan vaksinasi Covid-19 untuk memastikan kekebalan masyarakat terbentuk.

Baca Juga :  Kabareskrim : Penyidik Harus Pedomani Arahan Pimpinan

“Selain itu, kami berharap kerjasama dari semua pihak dan masyarakat untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Dsamping itu, selain meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protkol kesehatan (prokes) dimanapun berada. Juga harus dilakukan 5M yakni: Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas di luar rumah jika tidak terlalu penting serta 3T (testing, tracing, treatment).

“Pola tersebut sangat ampuh dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona di tengah-tengah masyarakat. Kita tidak mau masyarakat terdampak virus karena disebabkan tidak mematuhi anjuran pemerintah melakukan prokes, 5M dan 3T,” katanya.

Ia juga berharap kerjasama dari semua pihak untuk mematuhi pelaksanaan Inmendagri tentang penerapan PPKM level 3 di seluruh kabupaten kota dan provinsi demi keselamatan bersama.

Baca Juga :  DPRD Medan Apresiasi Poldasu Gerebek Operator Judi Online Beromzet Ratusan Juta Rupiah

Selain itu, ia mengimbau tetap memperkuat upaya testing, lacak dan isolasi.”Dengan jumlah kasus baru yang semakin sedikit ini, kami berharap upaya pelacakan kontak harus dilakukan secara maksimal, identifikasi kontak tidak terbatas pada lingkungan keluarga, tetapi juga lingkungan lain seperti tempat kerja, sekolah dan lainnya,” katanya lagi.

Penulis : Rediaman Gulo
Editor : Redaksi

pasang iklan