oleh

Ikan Mas Arsik Mengundang Selera – Khas Kuliner Sumatera Utara

MEDAN – Berbagai kuliner makanan yang dicicipi saat berkunjung di Sumatera Utara diantaranya Ikan mas arsik. Jenis kuliner ini sangat terkenal di mana -mana,karena ikan mas arsik hanya terdapat di Daerah Sumatera Utara.

Diketahui,ikan mas arsik hanya bisa didapatkan di Sumatera Utara serta menunjukkan khas masakan Batak. Makan ini sering dihidangkan pada saat ada tamu disalah satu setiap rumah masyarakat ataupun pada acara-acara tertentu. Karena ikan mas arsik bukan hanya sekedar sajian makanan biasa melainkan ada makna dan filosofi tersendiri dari makanan khas Sumut ini.

Racikan bumbu ikan mas arsik sangat gampang ditemukan dan hanya bisa didapatkan di Sumatera Utara. Bumbu- bumbu yang harus disiapkan antara lain ; Ikan Mas, Jeruk Nipis, Asam Potong, Cabe Merah, Kunyit, Jahe, Bawang merah dan Putih, Andaliman, Bawang Batak, Kencong, dan Kemiri.

Dengan racikan bumbu yang sudah disebutkan diatas menunjukan makanan tersebut benar-benar khas Batak dan hanya bisa ditemukan di Daerah Sumatera Utara.

Tidak salah lagi bila kuliner ikan mas arsik sangat terkenal dan banyak disukai oleh Masyarakat dan apalagi bagi wisatawan pendatang luar Daerah dan manca Negara.

Salah satu masyarakat Sumatera Utara Ibu Efraim Sinaga mengatakan kuliner ikan mas arsik sangat mudah didapatkan diwarung-warung makan Batak dan apalagi bila berkunjung ke Danau Toba tentunya makanan sambutan ini yang duluan dinikmati.

“Ikan Mas Arsik bukan hanya sekedar kuliner biasa melainkan ada kisah pada jaman dulu sehingga nama kuliner ini dinamakan ikan mas arsik. Tidak dipungkiri enak dan sedapnya dengan makanan ini wajib kamu cicipi,”Ujar Ibu Efraim.

loading...

Komentar

Baca Berita