oleh

Ini Program Utama Pasangan FODELA Bila Menang di Pilkada Nias Utara 2020

NIAS UTARA – Bakal Calon Kepala Daerah (Bacakada) Kabupaten Nias Utara Pasangan Fonaha Zega dan Emanuel Zebua (FODELA) komitmen bila Tuhan berkehendak memberikan mandat untuk menang pada Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Nias Utara tahun 2020, akan melakukan program yang langsung dinikmati oleh masyarakat.

Pasangan FODELA membeberkan beberapa Program utama mereka antara lain, di sektor pembangunan infrastruktur jalan, akan melakukan pengaspalan Hotmix sepanjang sepuluh kilometer setiap Kecamatan, terkecuali Kecamatan Lotu, itu nanti anggarannya dialokasikan sebesar enam belas milyar pertahun. Kenapa demikian karena di Lotu sebagai Ibu Kota Kabupaten yang belum memiliki pasar tempat menjual Ikan, sayur dan lain sebagainya yang aktif setiap harinya seperti di kota-kota lain.

Baca Juga :  Siapkan Dana Rp.3,5 Milyar Untuk Pencegahan Covid-19 di Kabupaten Nias Utara

“Kita kasihan kepada masyarakat kalau kepingin makan ikan dan sayur yang masih segar bingung harus beli kemana. Mengingat hal tersebut kita mengalokasikan anggaran di Kecamatan Lotu lebih besar dari Kecamatan lainnya,” ucap Bacakada Fonaha Zega uasi menyerahkan dokumen pendukung Bacakada di KPU Nias Utara (19/02/2020) kemarin.

Lanjutnya, untuk sektor Pertanian kita punya program untuk meningkatkan hasil produksi petani melalui program “ Gerakan Bersawah Nias Utara”. “Pada Program ini, Petani-petani yang saat ini aktif kita akan utus magang di aawah luar daerah untuk mencontoh cara bersawah yang benar sehingga dapat hasil produksi yang memenuhi standar yakni 6,9 ton per hektar,”katanya.

Ianya juga merasa sangat prihatin terhadap penempatan tenaga Pendidik (Guru) di Kabupaten Nias Utara yang masih belum merata. Dimana masih ada sekolah yang gurunya lumayan banyak, baik yang berstatus Pegawai Neri Sipil (PNS), Guru Bantu Daerah (GBD) dan Guru Tidak Tetap (GTT). Sementara ada juga Sekolah yang jumlah gurunya sedikit.

Baca Juga :  Masyarakat Berharap Hasil Musrenbang di Kec. Namohalu Esiwa Jangan Sia-Sia

“Demikian juga terkait Honorarium GBD yang selama ini hanya satu juta rupiah, mana cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari para GBD tersebut. Seandainya kita (Pasangan FODELA) menang pada Pilkada, kondisi ini akan kita perbaiki dan Honorarium GBD kita naikan,” tegas Fonaha Zega. (MP/Man)

pasang iklan anda

Komentar

Berita Populer