Wisata  

Intip 10 Destinasi Wisata Pilihan di Karo Sumatera Utara

Intip 10 Destinasi Wisata Pilihan di Karo Sumatera Utara

Karo – Banyak sekali para wisatawan yang rela membeli tiket pesawat dan datang jauh-jauh mengunjungi beberapa tempat di dunia ini yang memiliki tempat wisata yang sangat menakjubkan. Sering juga para wisatawan mengunjungi suatu tempat hanya karena melihat foto-foto yang beredar luas di sosial media.

Kabupaten Karo memang dianugrahi tanah yang subur dan alam yang indah. Memiliki pesona alam menakjubkan untuk dijelajahi. Mulai dari pegunungan, perbukitan, hingga danau yang memiliki daya pikat tersendiri.

Destinasi wisata Kabupaten Karo memang lengkap tanpa harus mencari bentuk. Mulai dari panorama alam, danau, tradisi, atraksi budaya, even-even wisata dan budaya, Festival Bunga dan Buah, Festival Kopi, Tor De Sinabung dan lainnya selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Kota wisata Berastagi adalah lokasi favorit bagi penikmat wisata dari kota Medan maupun dari daerah lainnya. Terkenal sejak zaman Belanda, Berastagi memang dianugrahi alam yang indah dan udara yang sejuk. Jika Bogor dikenal sebagai puncaknya Jakarta, Berastagi puncaknya Medan, Sumatera Utara.

  1. Kota wisata Berastagi

Ciri khas kota dataran tinggi yang sering disebut kawasan “Puncak”nya kota Medan, adalah pertanian dan pariwisata. Dua sektor andalan Pemkab Karo yang saling menyatu. Mulai dari penginapan, home stay, vila-vila, hingga hotel berbintang 5 ada di kota dingin ini.

  1. Bukit Gundaling

Bukit yang memiliki ketinggian 1.575 dari permukaan laut ini sangat nyaman sebagai tempat rekreasi keluarga. Dari atas bukit ini pula pengunjung dapat menikmati panorama Gunung Sibayak dan Sinabung. Lokasi wisata ini sudah dikenal sejak zaman Belanda sebagai tempat rekreasi vaforit.

  1. Air Terjun Sipiso Piso

Air Terjun Sipiso-piso terletak di perbukitan yang lebih tinggi dari Desa Tongging. Air terjun ini berada di ketinggian lebih kurang 800 meter dari permukaan laut (dpl) dan dikelilingi oleh bukit yang hijau karena ditumbuhi hutan pinus.

Baca Juga :  4 Daya Tarik Wisata di Nias Sumatera Utara
  1. Tongging

Tongging terletak di sebelah ujung utara Danau Toba dengan pemandangan yang sangat indah. Tongging berada di tengah-tengah daerah yang didiami tiga suku Batak Toba, Pakpak dan Karo.

  1. Taman Simalem Resort

Taman Simalem Resort ialah hunian unik dengan beragam kenikmatan alam yang disuguhkan dengan ketinggian 1200 mdpl nyatanya justru memberikan panorama tak biasa. Berada di Kecamatan Merek, ujung bagian utara Danau Toba dengan view yang menyajikan sensasi yang luar biasa. Taman Simalem Resor juga menyediakan convention, restoran dan hotel berbintang.

  1. Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini, menyajikan replika Pagoda Shwedagon, tertinggi kedua di antara replika sejenis di luar negeri yang berada di Birma, dan merupakan Pagoda tertinggi di Indonesia. Sejak dibuka untuk umum Oktober 2010 telah memegang dua rekor MURI yaitu Pagoda tertinggi di Indonesia (rekor pertama) dan kebaktian dihadiri bhiku terbanyak (rekor kedua). Sebuah objek wisata religius yang luar biasa dan senantiasa mengajak pengunjung mencintai alam. Sangat digemari penikmat wisata religius.

  1. Taman Hutan Raya Bukit Barisan

Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Barisan yang luasnya 51.600 hektar, terletak di 4 Kabupaten, yakni Karo, Deli Serdang, Langkat dan Simalungun, melintang dari Timur ke Barat, merupakan Tahura yang terluas di Indonesia, tumbuh subur menghijau di kawasan sepanjang pegunungan Bukit Barisan. Pintu gerbang Tahura berada di desa Tongkeh, atau 5 km sebelum kota wisata Berastagi.

  1. Museum Pusaka Karo di Berastagi
Baca Juga :  Baharkam Polri Siap Kawal Pembukaan 5 Destinasi Wisata Super Prioritas

Museum Pusaka Karo berada di lokasi yang sangat strategis di tengah Kota Berastagi. Museum Pusaka Karo berdiri sejak tahun 2010 dan didirikan oleh Pastor Leo Joosten Ginting. Kumpulan dari beberapa koleksi benda-benda pada zaman dahulu milik puluhan warga yang dipinjamkan kepada museum untuk dipajang atau dipamerkan di museum.

  1. Menara 125 Tahun GBKP

Wisata religi di tengah kota Kabanjahe, tidak jauh dari ikon kota “Tugu Bambu Runcing” di Jalan Kiras Bangun. Menara 125 tahun injil masuk ke Tanah Karo. Dibangun dengan arsitektur budaya Karo setinggi 38 meter di kompleks GBKP Kabanjahe Kota dan memakan biaya Rp 2,5 M. Menara ini akan berfungsi untuk pendidikan agama luar sekolah yang diharapkan dapat meningkatkan nilai keagamaan kristen dan kebudayaan Karo.

  1. Volkano Park Gunung Sinabung

Gunung api Sinabung adalah gunung api strato berbentuk kerucut, dengan tinggi puncaknya 2460 m dpl. Lokasi Gunungapi Sinabung secara administratif masuk ke dalam Kabupaten Karo. Erupsi terjadi sejak tahun 2010 hingga sekarang. Banyak lokasi aman atau berada di luar zona bahaya untuk menyaksikan ‘angkuhnya’ gunung ini dengan segala pesona dan berkah bagi warga sekitar dibalik bencana vulkanik. (Nico)

pasang iklan