Jajanan Khas Tapanuli Tengah, Sumatera Utara

Jajanan Khas Tapanuli Tengah, Sumatera Utara

Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan kekayaan budaya dan kuliner. Salah satu daerah di Sumatera Utara yang memiliki jajanan khas yang lezat adalah Tapanuli Tengah. Jajanan khas Tapanuli Tengah ini memiliki cita rasa yang unik dan menggugah selera.

Makanan Khas Tapanuli Tengah

Tapanuli Tengah memiliki beragam makanan khas yang patut dicoba. Salah satu makanan khas yang terkenal adalah naniura. Naniura adalah makanan tradisional Batak yang terbuat dari ikan segar yang diasinkan dan dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, cabai rawit, dan jeruk nipis. Rasanya yang segar dan pedas membuat naniura menjadi hidangan yang disukai oleh banyak orang.

Selain naniura, ada juga saksang. Saksang adalah masakan Batak yang terbuat dari daging babi atau kambing yang dimasak dengan bumbu khas seperti andaliman, daun salam, dan bawang merah. Rasanya yang gurih dan pedas membuat saksang menjadi hidangan yang menggugah selera. Bagi pecinta makanan pedas, saksang adalah pilihan yang tepat.

Tidak hanya itu, Tapanuli Tengah juga memiliki makanan khas lainnya seperti babi panggang, arsik, dan bintangor. Babi panggang adalah hidangan yang terbuat dari daging babi yang dipanggang dengan bumbu khas Batak. Rasanya yang juicy dan gurih membuat babi panggang menjadi hidangan yang sangat disukai.

Arsik adalah masakan Batak yang terbuat dari ikan mas atau ikan patin yang dimasak dengan bumbu khas seperti andaliman, daun jeruk, dan bawang merah. Rasanya yang segar dan gurih membuat arsik menjadi hidangan yang lezat dan cocok disantap dengan nasi hangat.

Terakhir, ada bintangor. Bintangor adalah makanan tradisional Batak yang terbuat dari sagu yang dicampur dengan kelapa parut dan gula merah. Rasanya yang manis dan teksturnya yang kenyal membuat bintangor menjadi jajanan yang nikmat.

Minuman Khas Tapanuli Tengah

Tidak hanya makanan khas, Tapanuli Tengah juga memiliki minuman khas yang segar dan enak. Salah satu minuman khas yang terkenal adalah bandrek. Bandrek adalah minuman hangat yang terbuat dari jahe, gula merah, dan rempah-rempah lainnya. Rasanya yang hangat dan pedas cocok untuk menghangatkan tubuh di cuaca yang dingin.

Selain bandrek, ada juga tuak. Tuak adalah minuman tradisional Batak yang terbuat dari air nira kelapa yang difermentasi. Rasanya yang manis dan sedikit beralkohol membuat tuak menjadi minuman yang populer di kalangan masyarakat Tapanuli Tengah.

Wisata Kuliner Tapanuli Tengah

Bagi Anda yang ingin mencoba jajanan khas Tapanuli Tengah, ada beberapa tempat wisata kuliner yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya adalah Pasar Siborong-borong. Di pasar ini, Anda bisa menemukan berbagai macam makanan khas Tapanuli Tengah yang lezat dan autentik.

Selain itu, ada juga restoran dan warung makan di sekitar Tapanuli Tengah yang menyajikan makanan khas daerah ini. Anda bisa mencoba naniura, saksang, babi panggang, dan makanan khas lainnya di tempat-tempat tersebut.

Jadi, jika Anda sedang berada di Sumatera Utara, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba jajanan khas Tapanuli Tengah. Rasakan cita rasa unik dan autentik dari makanan dan minuman khas daerah ini. Selamat menikmati!

pasang iklan