Jembatan Penyeberangan di Depan Terminal Bandar Deli Belum Berfungsi

  • Bagikan
Jembatan Penyeberangan di Depan Terminal Bandar Deli Belum Berfungsi
Jembatan Penyeberangan di Depan Terminal Bandar Deli Belum Berfungsi

BELAWAN – Jembatan penyeberangan atau sky cross di Terminal Bandar Deli, Pelabuhan Belawan belum berfungsi. Akibatnya, akses sinergitas menghubungkan Terminal Kereta Api pengguna jasa KM Kelud tidak berjalan.

Pantauan wartawan, Minggu (04/08/2019) di lapangan, akses penyeberangan yang berdiri menyebrangi Jalan Stasiun, Belawan, yang seyogianya untuk mempermudah penumpang yang menggunakan jasa Kereta Api ke Terminal Bandar Deli, Pelabuhan Belawan, hanya sebagai pajangan.

Ketua Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Medan Marelan Dodi Sitepu mengharapkan kepada perusahaan BUMN yang memiliki peran serta, dalam memberikan pelayanan  bagi masyarakat, untuk segera memfungsikan jembatan penyeberangan itu, jembatan itu dibangun untuk memfungsikan kereta api sebagai jasa angkutan masyarakat menuju ke Terminal Bandar Deli, Pelabuhan Belawan.

Baca Juga :  Akhyar Berikan Motivasi Kepada Seluruh ASN

“Kita tahu, masyarakat yang naik KM Kelud, pasti banyak membawa barang. Kalau kereta api difungsikan, selain murah, memudahkan masyarakat untuk membawa barang ke Pelabuhan Belawan. Selain itu, akan mengurangi kemacetan. Jadi, kita minta kereta api harus bisa menyesuaikan jadwal keberangkatan sesuai dengan KM Kelud,” harap pria akrab di sapa Tongat didampingi sekjen nya Zainal Abidin SE saat dimintai tanggapannya.

Dijelaskan pria yang juga menjabat Ketua LSM di Medan Utara ini mengatakan, dengan difungsikannya jembatan penyeberangan itu, yang disesuaikan dengan beroperasinya kereta api, akan membuka peluang perkembangan perekonomian Belawan.

“Kalau berfungsi, maka cerminan perkembangan budaya dan perekonomian di Belawan dapat meningkat secara signifikan, jadi kita minta keseriusan pihak PT KAI, agar mampu mengoperasikan kereta api Medan – Belawan,” sebut Tongat.

Baca Juga :  Pemko Medan Terima Bantuan 5000 Masker & 75 Liter Hand Sanitizer

Terpisah, humas PT Pelindo I cabang Belawan, Muftirakhman dikonfirmasi mengatakan, jembatan penyebarangan itu mereka bangun untuk memudahkan akses transportasi penghubung dengan kereta api. Namun, pihak kereta api sampai saat ini belum mengoperasikan jadwal kereta api yang disesuaikan dengan jadwal KM Kelud.

“Yang jelas, fasiilitas sudah kita bangun, cuma kendalnya di kereta api, untuk lebih jelas coba tanya kepada pihak kereta api,” kata pria akrab disapa Alung.

Terpisah, Manager Humas PT KAI Sumut, belum berhasil dikonfirmasi. (MP/Hen)

  • Bagikan