KASN Sampaikan Rekomondasi Kepada Bupati Nias Utara Atas Pelanggaran Sistem Merit

KASN Sampaikan Rekomondasi Kepada Bupati Nias Utara Atas Pelanggaran Sistem Merit
KASN Sampaikan Rekomondasi Kepada Bupati Nias Utara Atas Pelanggaran Sistem Merit.

Nias Utara – Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto sampaikan rekomondasi kepada Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu S.Pd atas pelanggaran sistem merit di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Nias Utara dengan Nomor B-2141/JP.01/06/2022 tanggal 16 Juni 2022.

Dari data yang di terima wartawan Metropublik.com rekomondasi yang di sampaikan KASN kepada Bupati Nias Utara menyangkut pelanggaran sistem merit terhadap pemutasian sejumlah ASN di lingkungan Pemerintah Nias Utara yang tidak sesuai dengan aturan serta pelanggaran terhadap ketentuan yang telah ada.

Turunnya Rekomondasi dari KASN ini atas laporan Pengaduan Ketua Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat (BBHAR) DPC PDI Perjuangan Kabupaten Nias Utara Itamari Lase SH.MH kepada KASN Nomor : 01/LP/BBHAR-N.U/III/2022 Tanggal 3 Maret 2022 Perihal : Keberatan atas Mutasi PNS dan Pelanggaran Sistem Merit/ Manajemen ASN di Kabupaten Nias Utara.

Menindak lanjuti surat pengaduan Ketua BBHAR Komisi Aparatur sipil Negara meminta klarifikasi kepada Bupati Nias Utara pada 7 Maret 2022, atas surat KASN tersebut maka Bupati Nias Utara menyampaikan jawaban klarifikasi dengan Nomor : 800/421/BKD/2022 tanggal 21 Maret 2022, kepada KASN, selanjutnya KASN pada tanggal 19 Mei 2022 KASN kembali melakukan Klarifikasi di Kantor Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara; Kepala BKD Pemerintah Kabupaten Nias Utara, dan Tim serta pihak pengadu yang diwakili oleh Sdr. Septinus Zebua dan Kuasa Hukum, Sdr. Itamari Lase SH.MH.

Baca Juga :  Bupati Resmi Terima Audiensi Pos Kisaran

“Dari hasil klarifikasi tersebut maka KASN berpendapat bahwa nama – nama ASN yang dimutasi oleh Bupati Nias utara selaku PPK telah melanggar ketentuan Pasal 29 Ayat (2) PP Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil. Maka atas kesalahan yang di lakukan oleh Bupati Nias Utara ini maka KASN memerintahkan/Merekomondasikan agar Bupati Nias Utara selaku Pejabat Pembina Kepegawaian agar mengembalikan para Pejabat Administrator dan Pengawas yang telah diberhentikan tersebut pada jabatan semula atau setara sesuai dengan kualifikasi dan kompetensinya masing-masing,” ujar ketua KASN, Agus Pramusinto kepada wartawan, Jumat (17/06/2022).

Lanjutnya, juga merekomondasikan beberapa ASN yang di lantik dalam Jabatan Administrator, antara lain Foeraera Zai, S.Pd., Camat Tuhemberua, Rubeno Gea, S.Pd.SD. Camat Namehalu Esiwa, Yostinus Hulu, S.Pd. Camat Alasa Sihasan Hulu, S.Pd.SD., M.M. Camat Tugala Oyo dan Drs. Amosi Zendrato Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Melanggar Pasal 54 ayat (1) PP No. 11 Tahun 2017 dan KASN Memerintahkan Bupati Nias Utara untuk meninjau kembali pengangkatan ke Jabatan Administrator tersebut.

Baca Juga :  Polsek Lolowau Nias Selatan Tangkap Satu Unit Damtruk membawa 12 Jerigen Tuak Suling

Dalam surat Rekomondasi KASN ini ada penegasan kepada Bupati Nias Utara bahwa tindak lanjut atas rekomendasi ini, akan menjadi dasar dan pertimbangan dalam penilaian Pembinaan dan Pelaksanaan Manajemen Kepegawaian di lingkungan Pemerintah Nias Utara. Demikian juga hal ini akan menjadi dasar kami dalam penyampaian untuk pemblokiran Nomor Identitas PNS (NIP) pada Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). (MP/Yason)

pasang iklan