oleh

Kemendikbud RI Percayakan Pemkab Asahan Jalankan Program Sekolah Penggerak

KISARAN – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) mempercayakan Pemerintah Kabupaten Asahan menjadi salah satu kabupaten/kota di Sumut yang akan menjalankan program sekolah penggerak.

Hal itu disampaikan oleh Perwakilan Kementerian Pendidikan Sumut Dr H Ulfa Maria MPd dihadapan Bupati Asahan, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan dan beberapa OPD di ruang kerja Bupati Asahan, Selasa (12/1/2021). Ulfa mengatakan, bahwa di Sumut hanya ada 6 kabupaten/kota yang telah dipilih oleh Kemendikbud RI yakni, Asahan, Batubara, Serdang Bedagai, Karo, Deli Serdang dan Medan.

Ia juga menambahkan, bahwa untuk dapat menjalankan program sekolah penggerak tersebut harus ada komitmen dari kepala daerah dimana isinya tidak akan merotasi kepala sekolah, guru dan SDM lainnya selama minimal 4 tahun serta memberikan dukungan berupa fasilitas dan dana untuk suksesnya program sekolah penggerak.

Baca Juga :  Duh! 7 Orang Positif Mengkonsumsi Narkoba di Lingkup Pemkab Tanjab Barat

“Dalam penentuan sekolah yang akan ditunjuk dalam menjalankan program sekolah penggerak nantinya melalui kolaborasi pemerintah daerah dan pusat.

Program ini akan di jalankan pada TA 2021-2022. Mudah-mudahan selesai pada tahun 2024,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Asahan H Surya BSc menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Kemendikbud RI telah mempercayakan Pemkab Asahan dalam menjalankan program sekolah penggerak.

Surya juga mengatakan akan mendukung sepenuhnya program sekolah penggerak. Sebab, katanya, memiliki tujuan untuk menciptakan sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik. Serta, lanjutnya, mewujudkan profil pelajar pancasila dengan fokus kepada kompetensi cognitif (literasi dan numerasi) serta non cognitif (karakter) yang diawali dengan peningkatan kapasitas guru, kepala sekolah, dan pengawas.

Baca Juga :  Akibat Rokok 11 Rumah Warga Hangus Rata dengan Tanah

Untuk mendukung program tersebut, Bupati Asahan menandatangani MoU program sekolah penggerak dengan Kemendikbud RI sekaligus melakukan testimoni sebagai bentuk dukungan penuh. (Red)

pasang iklan anda

Komentar

Berita Populer