Ketua Komisi II DPRD Medan Dukung Peningkatan Mutu Pendidikan di Kota Medan

Ketua Komisi II DPRD Medan Dukung Peningkatan Mutu Pendidikan di Kota Medan

Medan – Ketua Komisi II DPRD Medan Sudari ST menilai komitmen Walikota Medan M Bobby Afif Nasution bersama Kepala Dinas Pendidikan Benny Sinomba Siregar SE dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dasar di Medan sudah tepat dan patut didukung penuh. Dengan perbaikan infrastuktur dan peningkatan kesejahteraan guru serta SDM yang unggul menuju Indonesia emas 2045.

Hal itu disampaikan Sudari ST (PAN) kepada wartawan, Sabtu (02/12/2023) menyikapi keseriusan Bobby Afif Nasution membangun mutu pendidikan.

“Saya melihat Pemko Medan sudah menunjukkan tanggungjawab penuh memperbaiki mutu pendidikan. Karena di pendidikan dasar sangat penting ditanamkan budi pekerti dan karakter menuju dewasa,” ujar Sudari.

Untuk itu, kata Sudari yang duduk di Komisi II membidangi pendidikan dan saat ini Caleg DPRD Medan dari PAN No Urut 2 dapil II. Dianya (red- DPRD Medan) sebagai mitra Pemko Medan mendukung segala program Walikota Medan meningkatkan mutu pendidikan lebih baik menuju Indonesia Emas 2045. “Termasuk penambahan anggaran di APBD 2024, kita sangat mendukung,” ujar Sudari.

Baca Juga :  Patroli PPKM Mikro Pastikan Warga Medan Semakin Sadar Prokes

Diketahui, adapun berbagai inovasi dan terobosan yang dilakukan Pemko Medan melalui Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan Benny Sinomba Siregar untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kota Medan yakni memastikan seluruh warga Medan mendapatkan pendidikan yang layak. Bagi warga Kota Medan yang putus sekolah saat didata dan direkrut untuk mendapatkan pendidikan gratis dari Pemko Medan.

Menurut Benny, langkah awal yang dilakukan Pemko Medan melalui Disdik, yakni tepatnya di hari guru 25 Nopember 2023 lalu, Walikota Medan M Bobby Afif Nasution mengumumkan kenaikan Bantuan Kesejahteraan Guru Honor sekolah Negeri dan Swasta di Kota Medan. “Guru harus sejahterah dulu, sehingga punya semangat juang dan punya kesabaran mendidik siswa ke arah lebih baik,” ucapnya.

Kenaikan honor itu dari sebelumnya Rp 250 ribu menjadi Rp 400 ribu per bulan dan akan dimulai Januari 2024. Begitu juga soal pencairan akan didistribusikan setiap bulannya jika sebelumnya per triwulan.

Dikatakan Benny, adapun jumlah guru honorer mulai tingkat PAUD, SD dan SMP di Kota Medan yang akan menerima penambahan honor sebanyak 12.942 guru. Masih terkait perhatian terhadap kesejahteraan guru. Menurut Benny, Walikota Medan M Bobby Afif Nasution selama Tahun 2021 sd 2023 telah mengangkat guru honor menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 3.391 orang.

Baca Juga :  Bobby Nasution, Wali Kota Pertama Buka Balai Kota Untuk masyarakat

Selain itu guna mencapai generasi emas 2045, Disdik Medan terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan mulai penambahan alokasi anggaran pendidikan di APBD, memperhatikan kesejahteraan guru, memberantas pungli di lingkungan sekolah, perbaikan manajemen kurikulum dan sarana prasarana infrastruktur sekolah dan paling utama peningkatan pendidikan agama. (MP/Rendi)

pasang iklan