Ketua PWI Sumut: Jadilah Wartawan Berkompeten dan Beretika

Ketua PWI Sumut: Jadilah Wartawan Berkompeten dan Beretika
Ketua PWI Sumut, H. Farianda Sinik, SE.

Medan – Persatuan wartawan indonesia (PWI) bersama dengan serikat perusahaan pers (SPS) menggelar uji kompetensi wartawan (UKW) angkatan 44 – 45 tahun 2022 di hotel Madani, Medan, Selasa (01/11/2022).

Ketua PWI Sumut, H. Farianda Sinik, SE dalam sambutannya mengatakan, saat ini tingkatan kepercayaan masyarakat terhadap media massa sudah meningkat satu poin dari sebelumnya. Lembaga survei dunia menguji dari dua puluh lapan ribu koresponden menentukan kepercayaan media di indonesia masuk peringkat ke dua.

“Namun, termasuk juga ketidak kepercayaan masyarakat di media indonesia dari segi berita hoax, masuk ke urutan kedua. Dengan begitu, mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) ini, bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat. Jadilah wartawan kompeten dan beretika,” ucapnya.

Lanjutnya, tingkatkanlah kepercayaan masyarakat, untuk menjadi profesionalisme dalam menulis sebuah berita. “Jangan pernah terlibat dalam hukum. Kami harapkan agar yang sudah UKW ini nantinya, tidak terlibat dalam hal tersebut. Saya berharap agar peserta semangat dan jangan grogi untuk mengikuti UKW ini,” harapnya.

Baca Juga :  DPRD Kota Medan Minta Camat dan Lurah Jangan Manfaatkan Perda Kepling

Dikatakannya, bulan Desember 2022 mendatang akan di buka anggota muda PWI Sumut. Setelah itu akan di stopkan. “Sudah ada delapan ratus orang yang sudah masuk anggota PWI Sumut, dan ada lima puluh persen yang sudah UKW,” pungkasnya.

Sementara itu, Kadis Kominfo Sumut, Ilyas Sitorus yang diwakilkan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik, Iwan Sutani Siregar dalam sambutannya mengatakan, undang – undang 40 tentang pers itu sifatnya adalah konfirmasi. Sementara undang – undang keterbukaan informasi publik itu memiliki waktu tertentu untuk konfirmasi ke badan publik.

“Kami berharap, dengan mengikuti UKW ini bisa menciptakan wartawan – wartawan kompeten dan tidak lagi menulis berita hoax dan menggiring opini. Saya rasa bapak ibu bisa membedakan apa itu uu pers 40 dan uu keterbukaan informasi publik. Kami ucapkan selamat mengikuti uji kompetensi wartawan. Saya yakin semuanya akan lulus,” ucapnya.

Baca Juga :  Kompol Victor Ziliwu Silaturahmi ke Hotel Four Points

Hadir dalam acara tersebut, Kominfo Sumut, DPRD Medan, KPU Medan, Ketua DKP, Kasubditmas Polda Sumut, SPS, dan peserta UKW Muda dan Madya. (MP/Rendi)

pasang iklan