Kisah Briptu Raeld Anak Medan Berhasil Lulus Melaksanakan Misi PBB di Afrika Tengah

  • Bagikan

MEDAN – Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB) sedang melaksanakan misi perdamaian Dunia di Afrika Tengah. Yaitu misi Minusca (United Nation Multi Dimensional in the Central Africa Republik), untuk mengembalikan kemanan dan kestabilan di Afrika Tengah.

Briptu Raeld, personil Brimob Polda Sumut berhasil lolos seleksi menjadi satu satunya mewakili Provinsi Sumatera Utara menjadi pasukan FPU MINUSCA sejumlah 154 orang dari seluruh indonesia.

DHI (Divisi Hubungan International Polri) sebagai penyelenggara biro misi International melaksanakan seleksi yang ketat untuk mencari anggota Polri yang mampu merepresentasikan Indonesia Khususnya Polri di dalam misi PBB.

Sekarang Briptu Raeld dan 153 rekan lainnya melaksanakan latihan pra pelaksanaan tugas sebelum keberangkatan ke Afrika selama 6 bulan di Serpong Tanggerang Selatan.

Ini menjadi kebanggan tersendiri khusus nya buat satuan Brimob Sumut karena mengirimkan satu satunya personil dari Sumatera Utara.

Yang mana kegiatan ini diikuti oleh 154 Peserta yang telah dinyatakan lulus melalui beberapa rangkaian seleksi yang telah diikuti oleh Ribuan Personil Polri seluruh Indonesia, Personil-personil yang mengikuti Pelatihan tersebut berasal dari Seluruh Wilayah Polda-Polda Se-Indonesia.

Untuk sampai kesini Pria Kelahiran Medan ini sudah melalui banyak perjuangan. Bahkan pada Tanggal 12 April 2021, lalu, dirinya hanya lewat Vidio Call menemanin istri yang melahirkan buah hati tercinta. Tetapi itu semua tidak mengendorkan semangatnya sedikit pun yang harus rela di tinggal selama setahun lebih demi Nusa dan Bangsa.

“Pada saat istri saya melahirkan saya hanya bisa menemani lewat Video Call, saya hanya bisa berdoa untuk anak dan istri saya, rasa senang dan sedih menjadi satu karena saya mendapat rezeki dari Allah dikaruniai seorang anak yang lucu dan imut,” ucap nya dari seberang telepon selulernya dengan rasa terharu dan meneteskan air mata, Jumat (9/7/2021).

Baca Juga :  Kapolres Pelabuhan Belawan Sambangi Kantor KPU Kota Medan

Tidak henti cobaan sampai disini pada Tanggal 15 Mei 2021, kemaren pada saat Briptu Raeld latihan mendapatkan kabar di tinggal Ayah tercinta yang berpulang ke pada sang Pencipta. Namun itu semua tidak membuat surut tekad dan semangat untuk berjuang mengharumkan nama bangsa Indonesia khususnya Polri di Dunia.

Dirinya hanya bisa memamanjatkan doa untuk Ayahanda tercinta agar Almarhum Ayahanda tercinta diampuni segala dosanya dan dilapangkan kuburnya. Dan dirinya berjanji akan membahagiakan keluarga nya serta jadi penerus orang tua nya menjadi pejuang Polri.

“Sebulan yang lalu saya masih latihan mendapat kabar Ayah saya meninggal, disitu saya sangat terpukul dan sedih bercampur menjadi satu, namun saya tetap semangat dan ikhlas, dan saya tetap bertekad untuk meneruskan latihan saya demi orang tua dan kebanggaan keluarga tercinta serta meneruskan amanah orang tua saya menjadi pejuang NKRI,” ucap Raeld yang bertugas di Subdem Jibom Gegana Brimob Sumut dengan meneteskan air mata.

Anak Ke 1 dari 3 Bersaudara, Putra dari Pasangan Bapak Almarhum Aiptu M Dahlan yang bertugas di Polda Sumut dan Ibu Latifa telah berhasil menggapai cita cita mengharumkan nama Brimob Poldasu menjadi pasukan FPU MINUSCA.

Briptu Raeld berusia 27 Tahun ini telah berkeluarga dengan Isteri Ny Dinda Wulandari serta telah dikaruniai Dua Orang Anak Arsy dan Azza.

Baca Juga :  Kapolda Sumut Jenguk Anggota Polri Yang Terluka Saat Bertugas

Terpisah. Dikonfirmasi pihak media kepada keluarga. Bahwa keluarga mendukung sepenuhnya untuk mewujudkan cita cita yang Briptu Raeld yang selama ini ingin bisa membantu orang orang di Afrika sana dengan krisis pangan, Air dan dalam situasi kemanan nasional yang tidak stabil.

Dan pihak keluarga memohon doa nya juga agar dirinya selalu diberikan kesehatan dan keselamatan apa lagi ditengah pandemi covid 19 yang sedang mewabah. Pesan keluarga untuk tetap jaga Prokes kesahatan untuk semua masyarakat Indonesia.

“Kami mohon doanya, karena perjuangan yang suami saya masih belum selesai, masih banyak tahapan latihan yang harus dilalui Bripka Raeld sebelum berangkat ke Misi Penugasan Internasional, itu tentu saja bukan hal yang mudah, sangat memerlukan Fisik, mental dan kemampuan yang baik, terlebih disaat Pandemi Covid-19 ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi dirinya dan juga rekan-rekannya disana,” ucap Dinda Wulandari Istri Raeld.

Terpisah, Dansat Brimob Poldasu Kombes Pol Suheru, SiK mengaku bangga atas terpilihnya personel Satbrimob Poldsu dalam pasukan Peacekeeper Polri dalam menjaga misi perdamaian dunia, sehingga turut membawa nama harum daerah di kancah dunia.

“Suatu prestasi membanggakan bagi personel yang terpilih, karena tentunya melalui seleksi yang begitu ketat. Saya sebagai Kamandan Satuan Brimob Poladsu memberikan apresiasi tinggi dan semoga sukses dalam tugas serta keluarga diharapkan selalu mendukung dan berdoa, karena keluarga adalah pemberi motivasi dan semangat,” ucap perwira dengan tiga melati dipundaknya. (Hen)

  • Bagikan