oleh

Kodim 0913/PPU Mengadakan Lomba Tari Perang Adat Dayak

-Daerah-5 views

KALTIM – Kodim 0913/Penajam Paser Utara (PPU) gelar komunikasi sosial (komsos) kreatif dengan mengadakan lomba Tari Perang adat Dayak. Hal tersebut, merupakan dukungan dan perhatian TNI AD terhadap kelestarian budaya daerah Kalimantan Timur, khususnya di Kabupaten PPU.

Kegiatan yang juga rangkaian peringatan HUT TNI ke 74 tahun tersebut, digelar di Aula Makodim 0913/PPU, jalan Propinsi kilometer 09 Kelurahan Nipah-Nipah Kecamatan Penajam, pada Selasa (10 /09/2019).

Dibuka langsung oleh Dandim 0913/PPU, Letkol Info Mahmud, lomba diikuti oleh 8 tim perwakilan dari sanggar seni juga siswa SMA sederajat di Kabupaten PPU. Namun, karena satu dan lain hal, tim dari Kecamatan Sepatu berhalangan hadir dan dinyatakan gugur.

BACA JUGA:  Darurat Pelecehan Anak, Pemkab Lamtim Ambil Sikap Mengunjungi Korban Pencabulan

“Dengan kegiatan ini, kebudayaan-kebudayaan yang ada di Kabupaten PPU bisa tetap eksis dan lestari. Dimana tanah kita juga dipilih menjadi ibu kota negara, budaya lokal jangan sampai terkikis dengan budaya baru yang masuk nantinya,” katanya.

Mengangkat tema ‘melalui komsos kreatif, kita tingkatkan rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan dan kesadaran berbangsa dan bernegara, serta menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI’, Mahmud berpesan serta menaruh harapan besar kepada generasi muda.

“Generasi muda jangan sampai larut dengan idealisme kehidupan global, juga pengaruh globalisasi luar negeri melalui media sosial, media online dan lainnya. Semua itu kuat pengaruhnya. Tari perang adat Dayak merupakan salah satu karakter asli daerah, harus terpatri dan jangan sampai ditnggalkan,” paparnya.

BACA JUGA:  DPRD Tanjungbalai :Kalau Polres Tidak Sanggup Mengungkap ,Kita Buat Laporan di Polda

Pelaksanaan kegiatan lomba tari Perang Adat Dayak ini Sanggar Seni Taka berhasil mendaulang juara 1, diikuti SMKN 2 PPU sebagai juara 2 dan juara 3 dari SMAN 8 PPU.

“Nantinya, juara pertama akan mewakili Kodim 0913/PPU ke lomba Tari tingkat korem di Samarinda,” pungkasnya.

Hadir dalam lomba tari perang adat dayak tersebut , Kasdam VI/Mlw,Dandim 0913/PPU ,Para Perwira dan anggota Ketua Persit Kartika Chandra Kirana cabang LXV Kodim 0913/PPU Ny Ningsih Mahmud beserta para pengurus Persit Kartika Chandra Kirana cabang LXV Kodim 0913/PPU serta para peserta lomba dan pendampingnya. (MP/Red)

Komentar

Berita Populer