oleh

Layar HP Bergerak Sendiri, Begini Cara Atasinya

-Teknologi-1.089 views

METROPUBLIK.COM – Ghost touch atau yang kemudian sering disebut orang Indonesia layar error gerak sendiri adalah bug atau error pada sistem maupun piranti yang berkaitan sama layar touch screen android.

Sebenarnya nggak cuma sistem android yang berpotensi kena masalah layar error ghost touch karena smartphone tipe apapun yang mengusung konsep touch screen bisa saja terjangkit error jenis ini.

Ghost touch ini gejalanya saat layar ponsel kamu tekan bukannya yang kamu tekan yang merespon tapi malah sudut lainnya yang merespon bahkan bisa keterusan kepencet sendiri dan malah bikin seisi sistem error.

Error macam ini adalah error yang dirasa paling mengganggu apalagi pas lagi repot atau sibuk-sibuknya sama kerjaan dan lagi butuh bantuan ponsel kamu, nah si ponsel malah main error aja kan bikin kesel.

Bakal kita ulas penyebab dan cara mengatasi ghost touch sebagai berikut.
Berikut ini penyebab dan cara mengatasi Gosh Touch/layar bergerak sendiri:

Error layar bisa jadi disebabkan karena faktor LCD yang rusak pula. LCD bisa rusak karena berbagai macam faktor seperti air yang merembes kedalam lempengan LCD, pernah jatuh, tergores bahkan pecah. Indikasi LCD rusak antara lain seperti ghost touch, nge-lag atau berhenti yang kebablasan, gerak-gerak dan hampir semua error di layar bisa karena LCD yang rusak.

Baca Juga :  Mau Internet Ngebut ..? Ini Dia Solusinya Dari GIG INDOSAT

Jika sudah layarnya yang rusak maka mengganti LCD adalah satu-satunya solusi.
Charger yang Rusak

Adapun saat kamu mengecas ponselmu dan layarnya bukan hanya berkedip tapi gerak-gerak sendiri ini merupakan indikasi pasti bahwa yang rusak adalah charger-mu.

Kalau hal ini terjadi segera cabut ponselmu dari charger, jika charger benar-benar kelihatan sudah tidak layak pakai maka harus segera diganti yang baru daripada nanti malah merusak ponselmu.
Screen Guard yang Kotor

Indikasi layar bergerak sendiri bisa juga disebabkan karena pelindung layar ponsel kamu yang super kotor.

Solusinya dengan mencopot screen guard dan membersihkannya bisa dengan cotttonbud, kapas, tissue atau kain yang bisa menghapus lapisan debu maupun partikel yang menempel di layar.

Kemudian menggantinya dengan screen guard yang baru karena keamanan layar kamu tetap harus jadi prioritas utama.

Satu layar android error ghost touch maka susah semua urusan-urusan kamu yang membutuhkan ponsel.
Baterai yang Rusak

Ada ponsel yang mulai menunjukkan indikasi ghost touch saat baterai mulai menipis.

Untuk masalah seperti ini simpelnya kamu bisa segera mengecas ponselmu hingga penuh.

Jika baterai penuh dan error nggak muncul kembali berarti nggak ada masalah, masalahnya adalah ponsel kamu sistem layarnya mudah kekurangan daya saat baterai mulai habis.
Layar yang Panas

Baca Juga :  Wajib Kamu Tau Screenshot Layar Samsung Galaxy J1 (2016) Tanpa Menggunakan Aplikasi

Pemakaian ponsel dalam waktu yang lama dapat menyebabkan suhu piranti semakin panas karena terus dipakai untuk bekerja sedangkan layar juga memiliki batas toleransi suhu.

Jika ponsel kamu terasa panas berarti piranti di dalam ponsel bisa jadi lebih panas dari suhu yang kamu rasakan.

Solusi terbaik adalah berhenti menggunakan ponsel anda sejenak hingga suhunya kembali normal.
Software yang Bug

Software yang mengalami sistem error sederhananya bisa diatasi dengan meng-upgrade software ke versi terbaru yang lebih kompatibel.

Jika ternyata masih saja keterusan maka yang bisa kamu lakukan adalah me-reset data ke pengaturan awal pabrik lewat menu setting dan biasanya terletak di opsi system atau about.
CPU RAM yang Over Worked

Penggunaan yang melebihi ambang batas hingga ponsel terasa panas. Terlalu banyak menyimpan data seperti musik, foto, video, dokumen, membuka terlalu banyak aplikasi pastinya membuat RAM CPU kamu over worked dan kemungkinan layar mengalami error ghost touch.

Solusinya tutup aplikasi yang tidak perlu, gunakan ponsel seperlunya, jangan setting tampilan layarmu untuk tidak pernah tidur.

pasang iklan anda

Komentar

Berita Populer