oleh

Masyarakat Berharap Hasil Musrenbang di Kec. Namohalu Esiwa Jangan Sia-Sia

NIAS UTARA – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Namohalu, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara yang berlangsung selama dua hari yakni tanggal 14 – 15 Februari 2020. Acara tersebut langsung dibuka oleh Bupati Nias Utara yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati, Folo’o Harefa bertempat di Aula Kantor Camat Namohalu Esiwa, Jumat (14/02/2020).

Pada Musrenbang ini, masyarakat sangat mengharapkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara agar rencana pembangunan yang di periorintaskan melalui musrenbang tingkat kecamatan namohalu esiwa dapat terealisasi tahun 2021 mendatang.

“ Kami berharap tenaga, waktu dan pikiran yang terkuras pada pelaksanaan Musrenbang ini jangan sampai sia-sia akibat tidak terealisasi pembangunan yang kita sepakati atau rumuskan bersama sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat Kecamatan Namohalu Esiwa,”ucap beberapa Kepala Desa yang hadir di acara tersebut.

Baca Juga :  Nias Utara Tampilkan Fanumba Golu Pada PRSU Tahun 2020 di Medan

Tokoh masyarakat Namohalu Esiwa, Gatimbowo Gea mengatakan, masyarakat Kecamatan Namohalu Esiwa mayoritas petani dan pekebun. Mengingat hal tersebut diharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Nias Utara untuk memberikan perhatian serius disektor pertanian guna menunjang perekonomian masyarakat. “ Saat ini petani sangat membutuhkan pendampingan atau penyuluhan, bibit unggul, pupuk dan kain sebagaimana yang bisa mendukung hasil produksi pertanian masyarakat meningkat,”harap Gatimbowo.

Sementara itu anggota DPRD Kabupaten Nias Utara asal Namohalu Esiwa, Dalifati Ziliwu, S. Pd, M. Pd mengharapkan hasil usulan pembangunan skala periorintas yang disepakati pada Musrenbang Kecamatan Namohalu Esiwa dapat dituangkan dalam APBD Kabupaten Nias Utara tahun anggaran 2021.

“ Jumlah penduduknya urutan ke 3 (tiga) terbanyak se-Kabupaten Nias Utara. Diharapkan Pemerintah juga dapat menyesuaikan dalam hal pengalokasian anggaran pembangunan. Apalagi Kecamatan Namohalu Esiwa letak geografisnya sangat strategis, dimana jalan alternatif dari beberapa kecamatan lain bahkan dari Kota Gunungsitoli menuju Ibu Kota Kabupaten Nias Utara lewat Namohalu Esiwa ini,”jelas Dalifati.

Baca Juga :  Bacakada Nias Utara Pasangan Fodela Serahkan Dokumen Pendukung di KPU

Lanjutnya, terkait beberapa Item pembangunan yang sempat ditetapkan pada APBD tahun lalu diwilayah Kecamatan namun pelaksanaannya tertunda, diminta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara untuk segera dilaksanakan. “ Pembangunan yang tertunda dimaksud diharapkan untuk dijadikan skala periorintas tahun berikutnya,” tegas Politisi asal Kecamatan Namohalu Esiwa itu.

Pada Musrenbang ini turut hadir Staf Ahli Bupati, Kepala dan perwakilan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Nias Utara, anggota DPRD Kabupaten Nias Utara Dapil I, Dalifati Ziliwu, Faogonaso Harefa, Ingatan P Zendrato dan Hisikia Harefa, Camat dan Pegawai kantor Camat Namohalu Esiwa, Unsur Forkompimcam, Kepala Desa, TP-PKK, Ketua BPD, Kepala Sekolah dan Tokoh masyarakat se-Kecamatan Namohalu Esiwa. (MP/Man)

Komentar

Berita Populer