oleh

Medan Helvetia Bidik 5 Besar MTQ ke-53 Tingkat Kota Medan 2020

MEDAN – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Camat Medan Helvetia Andi Mario Siregar membuka Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-53 Tahun 2020 Tingkat Kecamatan Medan Helvetia di halaman Masjid As Syakirin Jalan Gaperta 8, Kelurahan Helvetia Tengah, Sabtu (25/1/2020). Event pemuliaan kitab suci Al Qur’an ini diikuti 44 orang qori dan qoriah. Pemenangnya akan menjadi perwakilan Kecamatan Medan Helvetia untuk mengikuti MTQ ke-53 Tahun 2020 Tingkat Kota Medan yang akan digelar bulan depan di Kecamatan Medan Selayang.

Pembukaan MTQ ditandai dengan pemukulan bedug yang dilakukan Camat Medan Helvetia bersama unsur Muspika Kecamatan Medan Helvetia. Sebelumnya, pembukaan juga diawali dengan pawai ta’aruf yang diikuti 500 orang peserta perwakilan dari seluruh kelurahan di Kecamatan Medan Helvetia serta pelantikan dewan hakim yang akan melakukan penilaian terhadap semua cabang yang diperlombakan. Direncanakan, pelaksanaan MTQ berlangsung selama satu hari.

Baca Juga :  Dengan Mematuhi Prokes Ketat, KPU Kota Medan Gelar Debat Kandidat

Sebelum MTQ dimulai, para qori dan qoriah diminta untuk mendaftar ulang kembali. Setelah itu dewan hakim memberikan sejumlah arahan yang harus dipatuhi dan diikuti seluruh peserta. Sebab, kesalahan yang dilakukan dapat mengurangi nilai peserta. Dalam MTQ ini, para qori dan qoriah akan membaca Al Qur’an dengan 3 cara yakni tartil atau murattal (membaca dengan ilmu tajwid), mujawwad (suara indah dan merdu) serta tadabbur (penuh penghayatan).

Camat Medan Helvetia Andi Mario Siregar mengatakan, salah satu yang dianjurkan adalah membaca kitab suci Alquran serta memahami isinya. Sebagai kitab suci, jelasnya, Alquran tidak akan pernah berubah sampai akhir zaman dan menjadi pedoman umat muslim. “Untuk itu kita perlu terus mendidik generasi muda Islam agar mau dan mampu membaca Alquran dengan benar dan memahani serta menghayati isinya,” kata Andi.

Selanjutnya Andi menjelaskan, MTQ ini digelar sebagai ajang seleksi untuk mencari qori dan qoriah yang akan menjadi duta Kecamatan Medan Helvetia untuk tampil di MTQ ke-53 Tingkat Kota Medan bulan depan di Kecamatan Medan Selayang. “Kita harapkan seleksi ini dapat melahirkan qori dan qoriah terbaik, sehingga mampu membawa Kecamatan Medan Helvetia untuk tampil lebih baik lagi di MTQ Tingkat Kota Medan. Kita targetkan, Medan Helvetia dapat tembus 5 besar,” harapnya.

Baca Juga :  Pemko Medan Terima APD Dari Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok

Andi juga menyampaikan apresiasi ya, sebab antusiasme masyarakat mengikuti kegiatan ini sangat tinggi dan memberikan dukungan yang sangat luar biasa sehingga pelaksanaan MTQ berjalan langsung sukses dan lancar.

“Atas nama Kecamatan Medan Helvetia, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat atas dukungan yang telah diberikan, terutama kepada Kelurahan Helvetia Tengah sebagai tuan rumah. Semoga kegiatan ini menjadi syiar sekaligus membuat kita semakin mencintai kitab suci Al Quran dan mengamalkan isinya dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya.

pasang iklan anda

Komentar

Berita Populer