Melalui Safari Ramadhan, Wali Kota Medan Sampaikan Program Masjid yang Mandiri di Kota Medan

  • Bagikan

MEDANWali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution,SE.,MM berkeinginan menjadikan Masjid yang ada di kota Medan menjadi Masjid yang mandiri artinya Masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah saja melainkan juga sebagai tempat sentra aktifitas masyarakat termasuk pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Hal tersebut tertuang dalam sambutan Wali Kota Medan yang dibacakan Plt Asisten Pemerintahan dan Sosial Setda Kota Medan, Khairul Syahnan saat mewakili Wali Kota Medan dalam acara Safari Ramadhan Pemko Medan di Masjid Al Ikhlas, Jalan Marelan IX, link VII Kelurahan Tanah Enam Ratus, Kecamatan Medan Marelan, Senin (19/04).

“Dari data yang ada saat ini terdapat 1.115 Masjid di Kota Medan. Pemko Medan akan terus membina rumah ibadah yang ada di Kota Medan salah satunya dengan membentuk Masjid yang mandiri,” kata Khairul Syahnan melalui sambungan virtual dari ruang Command Center Kantor Wali Kota Medan.

Tujuan dari dibentuknya Masjid yang mandiri ini jelas Syahnan lagi ialah untuk memakmurkan Masjid dan juga memakmurkan jamaah Masjid tersebut.

Baca Juga :  Bobby Nasution Berharap Rembuk Stunting Tidak Sekadar Rutinitas yang Sepele

“Dari Masjid juga akan kita lakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat ini untuk mengakomodir kebutuhan Masjid dan jamaah tanpa riba seperti pembangunan koperasi syariah, ATM beras dan lainya yang tujuannya untuk memakmurkan Masjid dan juga jamaahnya,”jelasnya.

Dalam Safari Ramadhan yang juga dihadiri oleh Plt Kabag Agama, Khorudin Rangkuti, Camat Medan Marelan, Muhammad Yunus, Al Ustad Ilyas Halim, dan unsur muspika Kecamatan Medan Marelan ini, Khairul Syahnan juga mengingatkan kepada masyarakat yang hadir untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5M (mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilisasi serta interaksi). Hal ini sangat penting untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kota Medan.

“Kondisi kota Medan saat ini kembali memasuki zona merah covid-19, karenanya kita harus tetap menerapkan protokol kesehatan, mari terus kita jaga diri dan keluarga kita,”pesanya.

Baca Juga :  Polda Sumut dan Jajaran Terapkan SP2HP Berbasis Online

Dalam Safari Ramadhan ini Pemko Medan juga menyerahkan bantuan pembangunan Masjid Al Ikhlas sebesar Rp. 50 juta yang diserahkan Camat Medan Marelan, Muhammad Yunus kepada Ketua BKM Masjid Al Ikhlas, Julianto. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan cindera mata kepada tiga orang perwakilan anak yatim piatu.

Ketua BKM Masjid Al Ikhlas, Julianto mengucapkan terimahkasih karena Wali Kota Medan memilih Masjid Al Ikhlas sebagai salah satu tempat safari ramadhan Pemko Medan.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Bapak Wali Kota Medan yang sudah memilih Masjid kami sebagai tempat pelaksanaan safari ramadhan Pemko Medan, tentu kami sangat merasa bersyukur,”ujarnya.

Safari Ramadhan ini juga di isi dengan taushiah yang disampaikan oleh Al Ustadz Ilyas Halim. Dimana Ilyas Halim mengajak masyarakat untuk mendukung program Pemko Medan membentuk Masjid yang mandiri di kota Medan. Dirinya berharap program ini dapat menjadikan kota Medan semakin berkah kedepanya. (Rendi)

  • Bagikan