oleh

Nikmatnya Kuliner Sumatera Utara “Mie Goma”

-Kuliner-1.161.601 views

MEDAN – Kuliner merupakan makanan khas setiap Daerah seperti salah satunya di Daerah Sumatera Utara yaitu kuliner Mie Goma. Makanan yang satu ini tidak ada di Daerah lain selain di Sumatera Utara. Jelas sudah makanan ini sangat disukai oleh Masyarakat Sumatera Utara.

Diketahui kuliner Mie Goma ini adalah sajian dari mie Lidi yang diolah menjadi kuliner khas Sumatera utara. Bumbu-bumbu kuliner ini tidak begitu ribet hanya memerlukan bahan-bahan sederhana saja seperti : Mie Lidi, Cabai rawit, Bawang Merah dan Putih, Santan Kelapa, Bawang Batak, Daging ayam, dan Andaliman.

Dengan racikan bumbu-bumbu yang sudah disebutkan diatas membuat kuliner Mie Goma lengkap sudah. Apa lagi dicampur dengan bawang Batak dan Andaliman, jelas sudah tau bahwasanya darimana asal makanan khas kuliner Mie Goma ini yaitu Khas Kuliner Batak.

Mie Goma banyak ditemukan di warung-warung berkhas Batak yang bisa dinikmati asli Halal . Dengan racikan bumbu mie goma membuat para pecintanya akan terus menerus menikmati makanan khas yang satu ini.

Kepada wartawan, salah satu masyarakat yang sering membuat mie goma, Ibu Efraim mengatakan kuliner mie goma banyak disukai oleh para wisatawan luar sumatera utara. Tidak hanya pecintanya saja melainkan juga para wisatawan yang memijak tanah di Sumatera Utara pasti akan mereka mencoba makanan khas ini.

“Orang Bule , Malaysia, Singapure dan luar Sumatera Utara sangat suka menikmati kuliner mie goma. Karena mereka ini penasaran dengan racikan bumbunya dan apa lagi makanan ini bebas dimakan siapa saja dan tidak hanya terkhusus beragama Nasrani melainkan juga Muslim. Karena mie goma dibuat hanya dari mie Lidi dan daging ayam saja,”Ujar Ibu Efraim baru-baru ini kepada Metropublik.com.

Tidak hanya itu, lanjutnya, Mayoritas Masyarakat Sumut sangat menyukai kuliner ini . Bahkan setiap minggu ada masyarakat yang membuatnya untuk dinikmati sendiri. “Kalau untuk keluarga kita suka-suka buatnya, bisa dibuat dari daging apapun campuran mie gomanya tergantung selera saja,”Paparnya.

Wanita yang berdarah Nias ini berharap agar kuliner khas Batak ini jangan punah dan selalu dijaga racikannya agar kelihatan kuliner khas Sumatera utara. “ Ya, kalau bisa Pemerintah Setempat harus mendukung kuliner Mie Goma agar bisa terjaga sampai cucu dan cicit kita nantinya,”Harap Ibu Efraim. (Red)

Loading...
loading...

Komentar

Baca Berita