oleh

Pangkoarmada I : Wilayah Lantamal I Sangat Strategis Dan Menjadi Tantangan Bagi Pemegang Komando

-Medan-19 views

BELAWAN – Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Yudo Margono, SE, MM menegaskan  bahwa wilayah kerja Lantamal I sangat strategis, meliputi perbatasan wilayah Barat Indonesia dan terdapat choke point bagi pelayaran internasional serta sebagai jalur strategis bagi proyeksi armada laut nasional dan internasional melalui Selat Malaka.

“Dengan strategisnya wilayah kerja ini menjadi tantangan tersendiri bagi pemegang komando di Lantamal I. Situasi dan kondisi di perairan ini akan berdampak pada stabilitas keamanan nasional dan internasional. Di mana kepercayaan dunia terhadap Indonesia akan tumbuh seiring dengan situasi keamanan perairan yurisdiksi nasional yang kondusif,” tegas Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono saat memimpin serahterima jabatan  Komandan Lantamal I dari Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto SE, MSi kepada Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid Kacong SE, MM di dermaga Lantamal I Belawan, Jumat (5/7/2019).

Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto selanjutnya menduduki posisi sebagai Kepala Disopslatal.

Pangkoarmada I menambahkan, dengan situasi yang kondusif tersebut, apa yang menjadi tugas Lantamal I dalam melaksanakan tugas pokok yang dibebankan bisa dipertahankan dan ditingkatkan. TNI AL juga akan semakin meningkatan pengamanan dan patroli laut di perairan Selat Malaka.

“Saya yakin apa yang menjadi harapan kita semua dalam menjaga stabilitas keamanan khususnya di perairan wilayah Barat Indonesia dan dilandasi profesionalisme tujuan tersebut akan tercapai,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Laksamana Muda TNI Yudo Margono  juga menegaskan, terbinanya kemampuan prajurit Lantamal I secara profesional yang didukung oleh disiplin para prajuritnya, merupakan hasil yang sangat berharga bagi eksistensi dan tampilan TNI Angkatan Laut khususnya Koarmada I yang semakin baik. 

Di samping itu serah terima jabatan juga merupakan proses regenarasi yang bertujuan untuk memantapkan kualitas kepemimpinan, mengembangkan kemampuan manajerial dan memperluas wawasan serta memperkaya pengalaman sehingga diharapkan mampu mengemban setiap tugas yang dibebankan kepadanya secara profesional Demi kemajuan organisasi.

BACA JUGA:  Polsek Medan Baru Gagalkan 15 Kg Peredaran Ganja,Pelaku Dihadiahi Timah Panas

“Penyerahan tongkat komando merupakan simbol dari proses estafet kepemimpinan jabatan komandan Lantamal I yang baru saja kita serah terimakan, merupakan jabatan pada pemandu pelaksana dukungannya di lingkungan satu dengan tugas menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi terhadap unsur-unsur operasional pembinaan potensi nasional,” Ujar Panglima Koarmada I.

Lanjutnya, agar menjadi kekuatan pertahanan keamanan negara di bidang maritim serta penegakan kedaulatan hukum di laut di wilayah kerjanya melalui patroli unsur-unsur lantamal. 

“Wilayah kerja Lantamal 1 sangatlah strategis meliputi perbatasan wilayah Indonesia yang terdapat pelayaran internasional serta dipandang sebagai jalur strategis bagi proyeksi armada laut,” Tandasnya.

Pengambilan Sumpah,Penandatanganan Pakta Integritas dan Serah terima Jabatan Komandan Lantamal l dihadiri oleh Panglima Koarmada I,

Pangdam I/BB Mayjen TNI M S Fadhilah,Kabindasu,Waka Poldasu Brigjen Pol Mardiaz Kusindwihananto,SIK,MHum, Wagubsu Musa Rajeckshah, Pangkosek Hanudnas III Marsekal Pertama TNI John Amarul, PJU Polda Sumatera Utara, Danlanud Soewondo Kol(Pnb)Dirk Poltje Lengkey, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto SH SIK MSi, Dandim 0201/BS Kol Inf Yudha Rismansyah, Wakil walikota Medan Ir Akhyar Nst, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis,SH,MH, tokoh agama dan tokoh masyarakat. (MP/Hen)

Loading...
loading...

Komentar

Baca Berita