oleh

Pembahasan LKPj 2019 Diwarnai Aksi Walk Out

MEDAN – Rapat pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Walikota Medan TA 2019 oleh Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Medan, Selasa (12/5/2020) diwarnai aksi walk out oleh salah seorang anggota Pansus, Janses Simbolon. Pasalnya, dia tidak terima rapat dilanjutkan dengan alasan komposisi Pansus belum kondusif.

Awalnya, rapat berjalan normal seperti biasa saat Ketua Pansus, Edwin Sugesti Nasution, membuka rapat dan memperkenalkan sejumlah anggota Pansus yang hadir saat itu, yakni Sudari (PAN), Janses Simbolon (FHPP), Hendri Duin Sembiring (FPDIP) dan Syaiful Ramadhan (FPKS).

Usai mmeperkenalkan satu persatu anggota Pansus, selanjutnya Ketua Pansus mempersilahkan Kabag Umum Setdakota Medan, M. Andi Syahputra, untuk menyampaikan capaian kinerja selama tahun 2019.

Saat Kabag Umum hendak menyampaikan paparannya, tiba-tiba, Janses Simbolon (FHPP) interupsi. “Pimpinan, berhubung jumlah anggota dewan yang hadir ini belum kourum, alangkah baiknya kita tunda dulu pembahasan, karena tidak efektif,” pinta Janses.

Baca Juga :  KIP Minta KPU Sumut Buka Hasil Pleno Iklan Kampanye

Janses juga menyampaikan, alasan penundaan bukan hanya karena tidak kourum, tetapi komposisi dan anggota Pansus memiliki kerancuan.

“Anggota Pansus masih memiliki kerancuan. Pembentukan Pansus pun terkesan dipaksakan. Kita luruskan dulu ketua, biar kita rilek melakukan pembahasan,” ujar Janses.

Menanggapi itu, Ketua Pansus Edwin Sugesti Nasution, mengatakan rapat hendaknya dapat dilanjutkan, namun jika ada yang kurang sempurna bisa sambil menunggu keputusan.

Menyahuti itu, Janses ngotot supaya rapat tidak dilanjutkan. “Seharusnya kita bereskan dulu polemik yang ada di internal Pansus, karena diantara kita ada saling tidak enak. Kalau rapat ini dilanjutkan, saya keluar,” ujar Janses.

Kemudian Ketua Pansus meminta pendapat dari anggota Pansus lain. Syaiful Ramadhan (FPKS) mengatakan akan terus mengikuti rapat pembahasan Pansus, karena ditugaskan fraksi. “Saya disini ditugaskan fraksi, maka saya akan tetap disini mengikuti rapat pembahasan,” kata Syaiful.

Baca Juga :  Dalam Persiapan Menuju Fase New Normal Akhyar Kunjungi Bank Sumut

Anggota Pansus lainnya, Hendri Duin Sembiring (FPDI P) meminta agar rapat Pansus dilanjutkan. Sebab, nama-nama yang bergabung didalam Pansus merupakan utusan fraksi masing-masing.

Menerima pendapat anggota Pansus, maka Ketua Pansus memutuskan rapat dilanjutkan.

Mendengar itu, Janses Simbolon, akhirnya meninggalkan ruang rapat. “Kalau begitu, saya keluar. Kita tidak mau dipenjara nanti dikemudian hari,” cetus Janses Simbolon seraya berlalu keluar ruangan.

Selanjutnya, rapat pembahasan LKPj Walikota Medan TA 2019 dilanjutkan dengan agenda mendengarkan pemaparan dari Kabag Umum Setdakota Medan.

pasang iklan anda

Komentar

Berita Populer