oleh

Penerimaan Siswa di Sumut Harus Berkualitas, Gubsu: Saya Memiliki Standar Dalam Bidang Pendidikan

Penerimaan Siswa di Sumut Harus Berkualitas, Gubsu: Saya Memiliki Standar Dalam Bidang Pendidikan

MEDANGubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan, penerimaan siswa SMA Unggulan di Sumut harus berkualitas dan harus punya standar. “Ini ada 20 kabupaten di Sumut, siswanya tidak ada yang lulus saat ujian siswa unggulan belum lama ini. Banyak yang minta sama saya untuk dirobah, tapi saya memiliki standar dan kualitas dalam bidang pendidikan,” kata Edy Rahmayadi saat di wawancarai wartawan di Kantor Gubernur Jalan Diponegoro Medan, Selasa (9/7/2019).

Dia mencontohkan, penerimaan di SMA Negeri 1 Medan, dari 42 orang siswa yang lulus, 29 orang berasal dari suku Batak. “Mereka berasal dari kampung-kampung. Melihat ini, ada yang datang pada saya, agar meminta supaya jangan orang Batak semua di SMA Negeri 1 Medan itu. Saya marahi yang bilang itu, eeh…..kau…? Ku bilang sama dia, saya butuh kualitas bukan kuantitas. Walaupun gitu, saya masih tetap diisukan ada titipan. Kalau ada wartawan yang menemukan siswa unggulan itu dan nilainya jelek, pasti saya keluarkan dia,” katanya pada wartawan.

Sementara Kadis Pendidikan Sumut Arsyad Lubis juga membenarkan pernyataan Gubernur tersebut. “Sumut patut berbangga atas prestasi pendidikan saat ini. Contohnya, beberapa siswa dari tingkat SMA Negeri 1 Kota Tebingtinggi berhasil mengukir prestasi gemilang di ajang pameran penemu muda dunia atau World Young Inventors Exhibition (WYIE) di Kuala Lumpur, Malaysia, beberapa waktu lalu,” katanya.

Saya Memiliki Standar Dalam Bidang Pendidikan
MEDALI EMAS : Para Siswa SMA Negeri 1 Kota Tebingtinggi, Sumut berhasil meraih medali emas dalam acara World Young Inventors Exhibition (WYIE) yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia belum lama ini.

Dia menuturkan, prestasi yang diraih dalam hal penemu yoghurt, minuman yang diberi judul Yobukara (bush/buah dari Karamunting atau tumbuhan liar di sekitar Danau Toba. Minuman itu bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti melancarkan pencernaan, mengembalikan stamina dan kebugaran tubuh.

“SMA Negeri 1 Kota Tebingtinggi berhasil meraih medali emas. Siswa-siswi SMA Negeri 1 Tebingtinggi yang mengikuti event itu yakni, Exaudia Sadolsa Sijabat (kelas 11 IPA 7), Rasya (kelas 11 IPA 7), Ikeda (kelas 10 IPA 1), Muhammad Zidane (kelas 10 IPA 1) dan Frederik (kelas 11 IPA 2),” katanya.

Dia sangat mengapresiasi prestasi yang diukir siswa SMA Negeri 1 Tebingtinggi tersebut. Hal tersebut tidak terlepas dari Kepala Sekolah dan guru yang berdidikasi tinggi untuk memajukan dunia pendidikan di Sumut.

Hal lain yang membanggakan, sambung dia, Sumut berada di tingkat ketiga Nasional yang paling banyak lolos dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019. Siswa yang berhasil lolos dari Sumut SNMPTN sebanyak 7.937, diperingkat kedua Jawa Barat dengan 9.392 siswa, dan diperingkat pertama Jawa Timur dengan 13.737 siswa.

Menurut Arsyad, selain kerja keras para kepala sekolah dan guru, keberhasilan para siswa ini juga ditunjang dengan banyaknya pelatihan-pelatihan yang dilakukan pihak sekolah.

“Kita juga melakukan pertukaran pelajar antar negara seperti Malaysia, Thailand, China dan Korea. Dari pertukaran pelajar ini banyak ilmu pengetahuan yang didapat oleh siswa,” katanya.

Prestasi lain yang diraih Sumut, kata dia, SMA Negeri 2 Medan kedatangan rombongan pelajar Desa Murni College Of Form Six, Malaysia 158 pelajar dan 58 guru Desa Murni College of Form Six. Mereka berkunjung guna melakukan program ‘Silang Budaya’ antara Malaysia-Indonesia dengan tema ‘Transformasi Memacu Kecemerlangan’.

Sedangkan untuk tingkat SMK, lanjut dia, tidak hanya pendidikan di bidang teknik namun di bidang Pertanian. Para siswa terjun langsung ke lapangan dan diberi pelatihan langsung. “Jadi saat ini, Dinas Pendidikan Sumut terus berbenah demi kualitas sesuai yang diharapkan Gubernur Sumut,” katanya.(MP/Evi)

Loading...
loading...
BACA JUGA:  Kapolres Nias Selatan jadi Inspektur Upacara di SMA Negeri 1 Teluk Dalam

Komentar

Baca Berita