Peringati HUT RI ke-77, DPC LSM Penjara Indonesia Majalengka Gelar Kemah dan Upacara Bendera

Peringati HUT Kemerdekaan RI ke-77, DPC LSM Penjara Indonesia Majalengka Gelar Kemah dan Upacara Bendera
Pengurus jajaran LSM Penjara Indonesia di lokasi Bumi Perkemahan dalam rangka memperingati HUT RI.(Soenarto/MP).

Majalengka – Dewan Pimpinan Cabang LSM Penjara Indonesia Kabupaten Majalengka menggelar kemah sekaligus upacara bendera memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, di Bumi Perkemahan Argalingga, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Selasa (16/08/2022).

Nampak pengurus dan sejumlah anggota LSM Penjara Indonesia DPC Kabupaten Majalengka mendirikan tenda-tenda untuk berkemah menjelang peringatan HUT RI Ke-77.

Kegiatan berkemah tersebut di isi pembinaan anggota dengan pemaparan materi kelembagaan dan api unggun serta hiburan.

Ketua DPC LSM Penjara Indonesia Kabupaten Majalengka Sobari menyebutkan mengatakan kegiatan ini merupakan Tadabbur alam dalam rangka memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Negara Republik Indonesia ke 77, dengan berkemah dan upacara pengibaran bendera merah putih.

Menurutnya manfaat berkemah bagi pengurus dan anggota LSM Penjara Indonesia yakni, memberikan pengalaman adanya saling ketergantungan antara unsur-unsur alam dan kebutuhan untuk melestarikannya.

“Selain itu kegiatan berkemah jelang HUT RI Ke 77 ini, dapat menumbuhkan kemandirian, tanggung jawab, kerjasama, empati, dan disiplin,” paparnya, Rabu (17/8/2022) usai upacara bendera.

Baca Juga :  Pria ini Banting Televisinya Gegara Tidak Terima Quick Count Pilpres 2019

Diharapkannya masih kata Sobari, dari kegiatan kemah bersama ini dapat memupuk keberanian memimpin dan dipimpin serta membiasakan diri mendahulukan kepentingan bersama daripada individu dan berlatih mengendalikan emosi.

Belajar menahan diri dari sifat buruk seperti sombong, congkak, iri dan pamer juga melatih hidup sederhana. “Setelah kita berkemah, hari ini kita melaksanakan upacara pengibaran bendera Merah Putih walaupun sangat sederhana, namun tetap khidmat, ” katanya.

Dijelaskan Ari, satu di antara tujuan upacara pengibaran bendera dalam HUT RI ini, untuk menumbuhkan rasa nasionalisme. Nasionalisme merupakan jiwa bangsa Indonesia yang harus melekat selama negara ini masih berdiri. “Upacara yang dilaksanakan ini tentu saja merupakan kegiatan yang bermanfaat dalam membentuk karakter seseorang,” jelasnya.

Ditambahkannya, kegiatan ini bisa menumbuhkan jiwa kepemimpinan para pengurus dan anggota LSM Penjara Indonesia dan rasa tanggung jawab bersama.

Baca Juga :  Brigjen Pol Mardiaz Dukung Penuh SPT Online

Sementara itu Ketua DPD LSM Penjara Indonesia Jawa barat, DB Setiabudi sangat mengapresiasi kegiatan- kegiatan yang selama ini dilaksanakan oleh Jajaran LSM Penjara Indonesia DPC Kabupaten Majalengka.

“Kegiatan LSM Penjara Indonesia DPC Kabupaten Majalengka sangat inovatif sehingga terkesan tidak monoton, ini sungguh sangat bagus,” tukasnya. (MP/Soenarto)

pasang iklan