oleh

PMI Kabupaten Nias Ajak Instansi Lain Kerjasama Cegah Covid – 19

NIAS – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Nias Fonaso Laoli, A.Md, SE, mengajak beberapa instansi dan perusahaan yang beroperasi di wilayah Kepulauan Nias untuk berpartisipasi dalam Gerakan Pencegahan Penyebaran Corona Virus Diseases 2019 (Covid-19) bekerjasama dengan PMI Kabupaten Nias, Rabu (21/04/2020) di Idanogawo.

“Melihat kondisi Pandemic Global Covid-19 yang menyebar begitu cepat, PMI Kabupaten Nias siap membantu Pemkab Nias dalam upaya pencegahan penyebarannya di wilayah Kabupaten Nias. Ini harus menjadi gerakan bersama yang harus didukung semua pihak termasuk juga dari interinstansi dan dunia usaha. Kami berharap elemen yang tergerak hatinya di Kabupaten Nias dapat berpartisipasi untuk membantu mengadakan bahan Disinfektan, Wadah tempat cuci tangan, Hand Sanitizer, masker dan peralatan pendukung lainnya,” harap Ketua PMI yang juga tugas sehari-hari sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Nias ini.

Ajak Instansi Lain Kerjasama Cegah Covid - 19

Fonaso menambahkan, kegiatan ini telah dimulai dilaksanakan pada hari Jumat (17/04/2020) diawali dengan penyemprotan disinfektan dirumah warga di beberapa desa di wilayah kecamatan Gido dan pada Rabu (21/04/2020) dilanjutkan dengan pembagian masker kepada warga dan pemberian wadah cuci tangan di beberapa titik keramaian diantaranya Pasar Idanogawo, Pasar Bawolato, Pasar Hiliweto Gido, Pasar Sogaeadu, Botomuzoi dan Pasar Desa Lolozasai yang sponsori oleh Perumda Air Minum Tirta Umbu Kabupaten Nias.

“Bantuan ini disalurkan karena PMI sebagai organisasi kemanusiaan dan menjalankan mandat Undang-Undang Nomor 1 tahun 2018 tentang Kepalangmerahan dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 tahun 2019, dan menjelaskan bahwa bantuan yang dibagikan ini atas kerjasama dengan Perumda Tirta Umbu Kabupaten Nias, Bank SUMUT, Perumda Pasar Ya’ahowu, Bank BNI (menyusul-red) serta siaran keliling untuk memberikan informasi dari Dinas P2KBP2A Kabupaten Nias, Satpol PP dan lainnya,”jelasnya.

Baca Juga :  DPRD Kabupaten Nias Melaksanakan Rapat Paripurna Pengesahan Tatib TA. 2019-2024

Menurut Fonaso, PMI harus berperan aktif dalam berbagai kegiatan pelayanan kemanusiaan dalam segala kondisi. Baik dalam kondisi damai, terjadi bencana maupun membantu masyarakat yang sedang menghadapi masalah Pandemi Virus Covid-19. Dan ini berkesinambungan pelaksanaanya sesuia dengan kondisi yang ada.

Ajak Instansi Lain Kerjasama Cegah Covid - 19

Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu dalam arahannya menyampaikan cara pencegahan wabah virus covid-19 dengan menjaga jarak dan barisan yang rapi, serta berharap kepada seluruh masyarakat untuk waspada terhadap penyebaran virus corona dengan pola hidup sehat.

“Sering cuci tangan dan memakai masker demi mengantisipasi penularan wabah pandemi virus covid-19,”ujarnya.

Arosokhi Waruwu mengapresiasi kegiatan PMI dalam rangka pembagian beberapa bantuan berupa tempat cuci tangan seperti tampungan air dan masker dibeberapa Kecamatan di wilayah Kabupaten Nias.

“Kami meminta masyarakat bersatu dan bergotong royong melawan wabah pandemik covid-19 (virus corona). Virus penyakit ini sama sekali tidak pandang bulu serta tidak memilih dan memilah latar belakang yang ditulari dan diserang. Solidaritas kemanusiaan amat diharapkan warga masyarakat yang amat membutuhkan dukungan nyata,”imbaunya.

Baca Juga :  Pemdes Somi Melaksanakan Rapat Pembentukan Panitia Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa

Pada akhir sambutannya, Wakil Bupati Nias membagikan secara simbolis masker kepada masyarakat yang tidak memakai masker dan sekaligus menyerakan wadah tempat cuci tangan yang diterima langsung oleh Camat Idanogawo dan turut didampingi oleh Kepala Desa Tetehosi Idanogawo beserta aparat desa dan unsur Muspika Kecamatan Idanogawo.

Dalam kesempatan itu, Junius Ndraha, SE, MM selaku Direktur Perumda Air Minum Tirta Umbu Kabupaten Nias menyampaikan sangat mendukung dan turut serta kelapangan dalam memberikan edukasi dan membantu masyarakat untuk tetap sehat dengan selalu cuci tangan ketika di luar rumah.

“Dengan adanya cuci tangan publik, masyarakat yang terpaksa harus keluar rumah tetap terjaga kebersihan tangannya, karena mudah menjangkau tempat cuci tangan yang tersedia di tempat umum. Sesuai instruksi pemerintah guna mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus Corona covid 19. Perumda Tirta Umbu turut ambil bagian bersama PMI dan instansi lainnya. Ini merupakan tanggungjawab sosial bersama bagi masyarakat,”kata Junius.

Dalam kegiatan PMI tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Nias, Kasatpol PP Kabupaten Nias, Kadis P2KB-P2A, Direktur Perumda Air Minum Tirta Umbu, Camat Idanogawo, Unsur Muspika Idanogawo, Kepala Desa Tetehosi, Camat Somolo-molo, Camat Botomuzoi, Sekcam Idanogawo, Pengurus PMI Kabupaten Nias, Pengelola UTD PMI Kabupaten Nias dan beberapa relawan PMI Kabupten Nias juga turut hadir. (Red)

pasang iklan anda

Komentar

Berita Populer