oleh

Polmed Medan Buatkan Lobang Resapan Bio Pori 1.000 Lobang

TEBINGTINGGI -Dalam program pengabdian masyarakat desa binaan masyarakat tanggap sampah melalui tekhnologi bio pori, Politeknik Negeri Medan melakukan kerjasama dengan Dinas Perkimsi Kota Tebingtinggi dalam pembuatan lobang resapan bio pori sebanyak 1.000 lobang yang tersebar di beberapa kelurahan di Tebingtinggi tanggal 11-14 Desember 2019.

Ketua Tim dari Polmed Medan, Amrizal ST didampingi Drs Indra Fauzi, Fadli dan Samiran mengatakan ini merupakan program pengabdian masyarakat desa binaan yang peduli tentang sampah. Sebanyak 1.000 titik di 11 Kelurahan yang ada di Kota Tebingtinggi lobang resapan bio pori dibuatkan.

“Selain tujuan pengabdian masyarakat, ini merupakan dalam mewujudkan daerah untuk resapan air dan genanagan air supaya air bisa diserap tanah dengan baik, untuk pembuatan pupuk dari daun dan mencegah terjadinya banjir atau genangan air,” jelas Amrizal, Rabu (11/12/2019) di halaman Kantor Lurah Lalang Jalan Bukit Bundar Kota Tebingtinggi ketika melakukan pengeboran.

Baca Juga :  Jelang Pelaksanaan Pilkada, Bupati Asahan bersama Forkopimda Kunjungi Kecamatan

Ditambahkan Amrizal, pengeboran tanah (dilobangin) sedalam satu meter menggunakan mesin bor, kemudian dimasukan pipa paralon ditutup bagian atas dan dilubangi agar supaya resapan air cepat diserap tanah. “Dari resapan air yang dibuat ini, kita juga bisa membuat pupuk kompos dari sampah dedaunan yang ada,” jelasnya.

Polmed juga akan melakukan kerjasama dengan Pemko Tebingtinggi tahun ini dalam hal pengelolaan sampah organik menjadi pupuk organik dari model cara resapan air bio pori.

“Karena di wilayah perkotaan saat sekarang ini sangat susah melihat adanya resapan air karena semua hampir di semen, sehingga untuk meresap kedalam tanah membutuhkan waktu lama, maka dengan adanya program ini, resapan air bisa cepat,” paparnya.

Baca Juga :  Luar Biasa, Patung Soekarno 8 Meter Berdiri di Kota Palu

Kepala Dinas Perkimsi melalui Sekretarisnya, Jhoni Perlindungan menyambut baik program dari Politeknik Negeri Medan, karena dengan adanya resapan bio pori, banjir genangan akan bisa di kurangi.

Beberpa Kelurahan yang mendapatkan program resapan air bio pori adalah Kelurahan Tualang sebanyak 100, Tebingtinggi 50, Persiapkan 100, Mandailing 100, Bandar Utama 100, Bandar Sono 100, Lalang 150, Mekar Sentosa 100, Rantau Laban 75, Tanjung Marulak 75 dan Kelurahan Pinang Mancung 50 lobang resapan. (MP/Tim)

pasang iklan anda

Komentar

Berita Populer