oleh

Proyek Puskesmas Teluk Dalam Mangkrak ‘Jadi Sarang Hantu’

METROPUBLIK.COM, NIAS SELATAN – Bangunan puskesmas yang dianggarkan dari APBD Nias Selatan sebesar kurang lebih 1 Miliar rupiah mangkrak, Selasa (12/3/2019) di Teluk Dalam, Kab Nias Selatan

Kondisi gedung tersebut, terlihat sudah ditumbuhi rumput liar, tanaman Ubi jalar milik warga. Dan beberapa fisik gedung puskesmas itu sudah mulai rusak.

Hal ini menjadi pertanyaan masyarakat Nias Selatan, karena dinilai hanya menghambur hamburkan uang negara, terlebih lebih merugi masyarakat Nias Selatan khususnya.

“Kenapa dulu dibangun kalau memang tidak bisa di fungsikan, jika memang ada masalah, sebaiknya penegak hukum dan pemerintahan daerah dapat menyelesaikannya, “Ujar warga sekitar tanpa ingin namanya disebutkan.

Keluhan lain juga dilontarkan oleh marga Laia (40) warga Teluk Dalam,” di Kabupaten Nias Selatan ini banyak proyek mangkrak, kalau penegak hukum benar benar bekerja maksimal, tak hanya sedikit pejabat ini masuk hotel prodeo, “imbuhnya.

Sementara, lanjutnya, banyak masyarakat di Kabupaten Nias Selatan ini, harus memundak hasil pertaniannya dengan jarak yang cukup panjang mencapai puluhan Kilometer akibat kondisi jalan yang tidak bisa dilalui kendaraan, baik roda dua maupun roda empat” bagaimana bisa meningkat perekonomian kalau harus dipundak, memangnya berapa bisa dipundak?. Artinya penyebab terhambatnya roda ekonomi masyarakat didaerah ini, adalah kondisi jalan atau infanstrukur. Inilah salah satunya di genjot agar pendapatan masyarakat meningkat, karena sebagian masyarakat bekerja sebagai petani. Jadi dana gedung gedung itu dibuat untuk jalan, pasti masyarakat luas sangat merasakannya, “Pungkasnya mado Laia ini.

Ditambahkan Juli,” kondisi proyek yang dikerjakan adalah menggambarkan kualitas kepala daerahnya, kepala dinas terkait dan siapa yang mengerjakannya (kontraktor), menurut penilaianku begitu, jadi kita lihat puluhan titik proyek tidak berfungsi dan asal asalan, disitu kepada daerahnya siapa? Jadi itu Itulah cara saya pribadi menilai kualitas pemimpin itu, “Ujar juli

Menurut investigasi Metropublik, di beberapa kecamatan, puluhan proyek mangkrak, mulai dari bangunan sekolah, rumah dinas dan masih banyak lainnya.

Hingga berita ini diterbitkan, pihak dinas terkait belum dapat dikonfirmasi, dan selanjutnya tim Metropublik segera melakukan Konfirmasi terkait bangunan puskesmas tersebut. (Dasa Duha)

Loading...
loading...

Komentar

Baca Berita