oleh

PWI Batubara Gelar Uji Kompetensi Wartawan

BATUBARA – Pemerintah Kabupaten Batubara (Pemkab) yang bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan XXVI dan XXVII bertempat di gedung inalum Tanjung Gading, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, dari tanggal 14 – 15 September 2019 dengan tema “Melalui UKW Mari Kita Tingkatkan Profesionalitas Wartawan,”Sabtu (15/09/2019).

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Batubara, Ketua PWI Sumut, PWI Pusat yang diwakili oleh Direktur UKW, Ketua PWI Batubara, Kapolres Batubara, Tim penguji, OPD, dan para peserta UKW.

Dalam kesempatan itu, Ketua PWI Batubara, Alpian,S.os.I.MH.I dalam sambutannya mengharapkan dengan mengikuti UKW ini, agar semua wartawan bisa berkompeten dan juga mendukung pembangunan Kabupaten Batubara melalui berita-berita membangun (Positif-red).

“Tema kita dalam UKW ini sangat-sangat bagus yakni meningkatkan profesionalitas wartawan. Saya berharap nantinya bagi para rekan-rekan wartawan yang juga sebagai peserta mampu mendukung pembangunan Kabupaten Batubara yang kita cintai ini.”ujar Alpian.

Sementara itu, Ketua PWI Sumut, Hermansyah,SE dalam sambutannya mengatakan, dengan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan berarti langkah pertama menjadi wartawan profesional (Kompeten-red).

BACA JUGA:  Polisi Amankan 128,5 Gram Sabu-Sabu Dari Lima Tersangka

“UKW sangat perlu bagi wartawan, mungkin di tahun depan Dewan Pers akan menerapkan aturannya bahwasanya hanya melayani wartawan yang sudah berkompeten yang dilayani disetiap instansi,”katanya.

Dikatakannya, di Sumatera Utara ini sudah banyak wartawan modal memiliki kartu pers. Namun tidak mengenal kode etik jurnalistik serta penulisan berita ramah anak. Bahkan, menurutnya, dengan memegang kartu Pers ianya (oknum wartawan-red) bisa duduk bersama dengan Bupati, DPRD, Wali Kota dan pejabat lainnya.

“Nah dengan adanya UKW bisa membuktikan wartawan tersebut bisa berkompeten atau tidak,”papar Hermansyah.

Ditempat yang sama, Ketua PWI Pusat yang diwakili oleh Direktur UKW, Rajab Ritonga, dalam sambutannya mengatakan, wartawan yang profesional itu adalah wartawan yang bekerja di media yang sudah berbadan hukum sesuai standar perusahaaan pers.

“Apa bila wartawan itu bekerja di media yang belum berbadan hukum itu dianggap bukan wartawan,”ujarnya.

Lanjutnya, pentingnya mengikuti UKW ini yaitu untuk menguji kelayakan wartawan dalam pembuatan berita.

BACA JUGA:  Lampung Timur Bahaya, Pencabulan Anak Di Bawah Umur Merebak

“Contohnya saja mengenai pemberitaan ramah anak, baik korban dan pelaku serta kode etik jurnalistik, apakah hal ini sudah diterapkan atau belum. Dengan adanya UKW, wartawan di uji kelayakan ataupun tidak,”pungkasnya.

Dalam kesempatan itu juga, Bupati Batubara, IR.H.Zahir,M.AP mengapresiasi atas terlaksananaya uji kompetensi wartawan ini. Ianya berharap, semoga peserta yang ikut uji kompensi wartawan bisa nantinya menulis berita secara teratur dan terarah dengan berpedoman dengan kode etik jurnalistik.

“Saya pernah baca berita, dalam berita tersebut disebutkan judul yang sangat menarik, namun isi sudah jauh beda dengan judul. Dengan mengikuti UKW ini saya berharap wartawan bisa berkompeten untuk menulis berita,”ujar Zahir.

Zahir juga berharap kepada insan pers agar bisa bersinergitas untuk mendukung pembangunan-pembangunan Kabupaten Batubara.

Ia juga berjanji akan akan berusaha kegiatan uji kompetensi wartawan setiap tahunnya di lakukan di Kabupaten Batubara.

“Tolong pak kadis agar kegiatan UKW ini setiap tahunnya dilaksanakan di Kabupaten Batubara, tolong dicatat ya pak.”tandasnya. (MP/Rendi)

Komentar

Berita Populer