Safari Ramadhan Sarana Wujudkan Kota Medan yang Berkah Maju dan Kondusif

  • Bagikan

MEDAN – Safari Ramadhan yang merupakan program Pemko Medan di bulan puasa kembali dilakukan. Kali ini Kamis, (22/4) Safari Ramadhan di lakukan di Masjid Al Abraar, jl Yos Sudarso Kelurahan Titi Papan, Kecamatan Medan Deli. Selain bersilaturahmi, kegiatan ini sekaligus bertujuan untuk terjalinnya kolaborasi antar Pemko Medan dan masyarakat guna mewujudkan Kota Medan yang berkah, maju dan kondusif.

Dalam safari ramadhan ini Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM dihadiri Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman SE menyerahkan bantuan kepada BKM Masjid Al Abraar sebesar Rp 50 juta yang diterima Ketua BKM Zaid Arqam Daulay. Bantuan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi kemakmuran masjid.

Selain itu Wakil Wali Kota Medan yang hadir didampingi sejumlah Pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan ini juga memberikan santunan kepada 50 anak yatim piatu dan paket sembako untuk BKM Masjid Al Abraar. Kemudian safari Ramadhan yang tetap menerapkan Protokol Kesehatan ini juga diisi tausiah agama yang disampaikan Al Ustad H Damri Tambunan.

Dikatakan Wakil Wali Kota Medan dalam sambutannya, Safari Ramadhan ini merupakan program rutin Pemko Medan saat bulan puasa. Untuk itu melalui momentum ini dirinya mengajak masyarakat untuk menjadikan masjid sebagai pemersatu umat, guna mewujudkan Kota Medan yang berkah, maju dan kondusif.

Baca Juga :  Pemko, TNI dan Polri Gelar Patroli Prokes Serta Pengawasan PPKM

“Saya berharap selain tempat beribadah, masjid juga harus menjadi tempat pemersatu umat dengan saling melindungi dan mengayomi sesuai anjuran Rasulullah. Disisi lain juga masjid dapat menjadi tempat edukasi bagi anak-anak agar menjadi lebih baik kedepannya, sehingga kedepannya Kota Medan akan berkah, maju dan kondusif” kata Wakil Wali Kota Medan.

Dijelaskan Aulia Rachman, Pemko Medan saat ini berkomitmen untuk memakmurkan masjid dengan mewujudkan masjid yang mandiri. Artinya ke depan masjid akan memiliki banyak fungsi dan tidak hanya sebagai pusat ibadah melainkan bisa menjadi pusat peradaban Islam dan menjadi sentral pengembangan ekonomi umat serta pusat pendidikan.

“Mari kita jadikan masjid sebagai sental pengembangan ekonomi agar dapat meningkatkan ekonomi para jamaah yang kurang mampu namun memiliki kegiatan ekonomi yang produktif. Artinya ada unit usaha di masjid yang dapat mengayomi jamaah yang kurang mampu,” jelas Wakil Wali Kota Medan.

Baca Juga :  Wali Kota Medan Kenalkan Kawasan Kesawan City Walk dengan Gubernur Jawa Barat

Di masa Pandemi Covid-19, Pemko Medan mengemas Safari Ramadhan berbeda dari tahun sebelumnya. Selain menerapkan Protokol Kesehatan warga yang hadir juga dibatasi jumlahnya yakni hanya 50 warga. Kemudian guna menghindari kerumunan, Safari Ramadhan ini dilakukan usai Shalat Ashar dan berakhir sebelum berbuka puasa. Namun demikian para jamaah dan warga diberikan makanan dan takzil untuk berbuka puasa.

Sebelumnya BKM Masjid Al Abraar, Zaid Arqam Daulay, mengucapkan terima kasih kepada Pemko Medan yang telah mengunjungi masjid dan memberikan bantuan untuk kemakmuran masjid. “Atas nama BKM dan jamaah saya mengucapkan terima kasih kepada bapak Wali Kota Medan dan Wakil Wali Kota Medan. Bantuan ini tentunya sangat berguna sebab saat ini masjid tengah dalam pembangunan,” jelasnya.

Usai Safari Ramadhan, Wakil Wali Kota melakukan ziarah ke makam orang tuanya yang terletak di samping Masjid Al Abraar. Dalam kesempatan tersebut Wakil Wali Kota memanjatkan doa untuk Almarhum ayahanda tercinta. (Rendi)

  • Bagikan