oleh

Sepenjang Januari 24 Kasus DBD, Satu Orang Meninggal

-Asahan-5 views

KISARAN – Sepanjang bulan Januari 2020, sebanyak 24 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) dan hingga satu orang warga Kecamatan Rawang Panca Arga Kabupaten Asahan meninggal dunia.

“Di bulan Januari ada 24 kasus DBD dan satu orang meninggal dunia karena komplikasi,” ungkap Nurdin selaku Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Asahan didampingi Kabid Pencegahan dan Pengendalian penyakit (P2P) Saprin Sanja Hutahean saat berbincang kepada MP diruang kerjanya, Senin (10/02/2020).

Dalam penanganan antisipasi DBD, Saprin menambahkan saat ini pihak Dinkes lagi gencarnya melakukan Pembasmian Sarang Nyamuk (PSN) dan ditambah lagi masyarakat harus melakukan 3M plus menguras air yang tergenang dan bersih, menutup bak dan mengubur barang-barang bekas. “Kita lagi gencar melakukan PSN dan sosialisasi terkait penangana nyamuk DBD,” ujarnya.

Baca Juga :  Pekuburan Nasrani Padat, Ini Kata Bupati Asahan

Dinkes Asahan juga berencana akan membetuk yang namanya keder jumentik atau pemantau jentik disetiap kelurahan. “Tahun 2019 pernah kita bentuk tapi gagal dikerenakan anggaran, tahun 2020 ini akan kita bentuk kembali dengan menggabungkan di setiap posyandu,” ujanya.

Dia juga berharap kepada masyarakat bisa melaksanakan 3M plus itu agar terhindar dari DBD yang disebakan oleh nyamuk Aedes aegypti, dimana nyamuk ini suka di air tergenang dan bersih. “Kalau masyarakat mau melaksanakan 3M plus itu, mudah-mudahab bisa terhindar dari penyakit DBD,” ujarnya. (MP/SN)

Komentar

Berita Populer