Siapkan Dana Rp.3,5 Milyar Untuk Pencegahan Covid-19 di Kabupaten Nias Utara

Untuk Pencegahan Covid-19 di Kabupaten Nias Utara

NIAS UTARA – Untuk pencegahan Covid–19 di wilayah Kabupaten Nias Utara, Pemerintah Kabupaten Nias Utara sediakan dana Rp.3,5 Miliar yang bersumber dari dana tak terduga APBD Nias Utara Tahun 2020. Hal ini disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Nias Utara Ya’adil Telaumbanua kepada wartawan, Jumat (27/03/2020).

“Dana yang telah disediakan tersebut tidak serta merta di habiskan. Apa bila kurang dana, pemerintah nias utara tidak akan tinggal diam namun tetap berusaha demi kesejahteraan masyarakat,” ucap Ya’adil kepada Metropublik.com.

Lanjutnya, upaya pencegahan yang telah dilakukan oleh pemerintah kabupaten nias utara diantaranya, mengeluaran surat edaran pada tanggal 20 Maret 2020 tentang kewaspadaan dan pencegahan virus corona (Covid -19) di kabupaten nias utara.

“Pemerintah kabupaten nias utara telah meliburkan sekolah, memberi himbauan kepada masyarakat agar menjauhi tempat-tempat keramaian. Serta menunda berbagai kegiatan dan hal-hal yang yang bisa mengundang perkumpulan orang banyak dan mengatur jarak kepada seseorang minimal satu meter untuk memutus mata rantai Virus berbahaya itu,”tegas Ya’adil Telaumbanua.

Baca Juga :  Ditemukan Mayat Mr. X di Arah Timur Luaha Sowu

Dikatakannya, pemerintah nias utara juga sudah melakukan berbagai tindakan Pencegahan dengan melakukan penyemprotan anti septik di beberapa wilayah.

“Pemerintah Nisut akan merencanakan penyemprotan di rumah-rumah warga. Serta merencanakan pengadaan tempat cuci tangan di tempat-tempat umum sebanyak 100 lokasi, salah satunya di Kantor Bupati Nias Utara,”jelasnya.

Langkah Pencegahan lainnya Pemerintah Kabupaten Nias Utara tetap memantau masyarakat yang baru datang dari luar pulau nias dengan menempatkan beberapa tenaga medis melalui Dinas Kesehatan di Bandara Binaka dan Pelabuhan Gunung Sitoli.

“Hingga saat ini, data yang di dapatkan dari petugas di wilayah Kabupaten Nias Utara, Orang Dalam Pengawasan (ODP) sebanyak 79 Orang, Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 63 Orang, PDP tidak ada dan Positif terjangkit Covid-19 belum ada,” ungkap Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Nias Utara itu.

Baca Juga :  Ternyata Identitas Mayat Mr. X Yang Ditemukan di Luaha Sowu Warga Nias Selatan

“ Diharapkan kepada Masyarakat yang statusnya sebagai ODP untuk sementara waktu agar mengisolasikan diri di rumah masing-masing supaya terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan,” tegas Ya’adil Telaumbanua. (MP/Man)

pasang iklan