SPBU Jalan Sudirman Dilaporkan, Ini Kata DPRD Medan

  • Bagikan
SPBU Jalan Sudirman Dilaporkan, Ini Kata DPRD Medan

MEDAN – Pembangunan SPBU di Jalan Sudirman akhirnya dilaporkan ke Komisi IV DPRD Medan, oleh DPD LSM Penjara Sumut Selasa, (15/6/2021). Hal ini dilakukan karena menurut LSM Penjara, pembangunan SPBU di Jalan Sudirman ternyata telah menyalahi izin mendirikan bangunan. Dimana, lokasi SPBU terletak saat ini berada di lahan Ruang Tata Hijau (RTH).

Diketahui, pihak PT. 5 Bersaudara saat pengurusan izin tidak diterima atau ditolak karena lokasi bangunan berada dalam zona hijau. “Namun, meski izin ditolak, tetap saja pembangunan SPBU di Jalan Sudirman berlanjut dan pihak Dinas Perizinan dari Pemko Medan seakan tutup mata melihat kondisi itu,” kata P. Manulang dari LSM Penjara di depan ketua Ketua Komisi IV DPRD Kota Medan, Paul Mei Anton Simanjuntak, Burhanuddin Sitepu (Sekretaris), Edy Eka Suranta S Meilala (wakil ketua), Dedy Akhysari, Syaiful Ramadhan, Edwin Sugesti dan Hendra DS diruang Banggar lantai 2, gedung DPRD Kota Medan.

Baca Juga :  DPRD Medan Minta Kemenhub Tertibkan Bus Yang Parkir di Sisingamangaraja

Menurut Manulang, mereka dari LSM Penjara pun sudah menyurati pemilik bangunan terkait adanya temuan mereka dan juga sudah menyurati pihak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPTSP) Kota Medan, dan Dinas PKPPR Kota Medan terkait keberadaan bangunan yang telah melanggar dan berada di wilayah Zona Hijau.

Sementara itu, perwakilan dari Dinas PTSP kota Medan, Soefrie Putra mengatakan, alasan penolakan karena lokasi pembangunan SPBU berada di lokasi Zona RTH.

“Pengusaha sudah ke DPKPPR Kota Medan untuk menyampaikan akan merubah izin, namun sampai sekarang belum dilakukan,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan dari pihak DPKPPR Kota Medan, Cahyadi mengatakan, bahwa keberadaan tanah yang saat ini berdiri bangunan SPBU pada tahun 1990 sudah memiliki IMB namun sejak ditetapkannya daerah tersebut menjadi kawasan RTH, maka dalam bentuk bangunan saat ini memang harus dievaluasi kembali.

Baca Juga :  Rapat Paripurna DPRD Medan Tentang Penyampaian Reses Ketiga

Sementara, Antonius D Tumanggor mengaku heran kenapa bangunan terus dilanjutkan, padahal IMB renovasi belum dikeluarkan. “Janganlah buat permainan kata-kata. Dinas PMPTSP bilang izin renovasi belum dikeluarkan walau pihak DPKPPR Kota Medan mengakui pernah mengeluarkan IMB SPBU,” kata Antonius D Tumanggor heran.

Sementara itu, Paul Mei Anton Simanjutak dan Burhanuddin Sitepu sepakat untuk melakukan evaluasi kembali terkait keberadaan SPBU di Jalan Sudirman, dan menyarankan untuk mencari solusi atas permasalahan yang terjadi.

  • Bagikan