SPS dan PWI Sumut Gelar Workshop Pra UKW

SPS dan PWI Sumut Gelar Workshop Pra UKW
Ketua PWI Sumut, H. Farianda Putra Sinik, S.E.

Medan – Serikat Perusahaan Pers (SPS) bersama Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Sumatera Utara, menggelar workshop pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Hotel Madani, Medan, Senin (31/10/2022).

Ketua PWI Sumut, H. Farianda Putra Sinik, S.E mengatakan niat untuk mengadakan pra UKW ini, agar para peserta pada saat uji kompetensi wartawan bisa lulus semua tanpa ada yang gagal.

“Kami sangat sedih bila nantinya peserta UKW gagal dalam uji kompetensi wartawan ini. Apa lagi para peserta jauh – jauh datang ke medan untuk mengikutinya,” ujarnya.

Ia berharap, agar seluruh seluruh peserta bisa lulus. Baik itu jenjang muda dan madya. “Kita gak mau ke depannya yang ngepos di salah satu pemerintahan diwajibkan memiliki kartu UKW, namun tidak ada. Jadi, saya harap waktu ini jangan di sia – siakan. Jadilah wartawan kompeten,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris SPS Sumut, Rianto Ahgly, SH dalam sambutannya mengharapkan agar para peserta yang mengikuti UKW bisa lulus semuanya tanpa ada kendala sedikit pun.

Baca Juga :  Respon Cepat Tangani Covid-19, Kapoldasu Bentuk Tim Tracer Bintara Remaja

“Hari ini, SPS dan PWI Sumut menggelar Workshop Pra UKW. Kami berharap, peserta untuk mengikuti workshop ini dengan baik dan benar. Sehingga pada esok harinya pada saat UKW, tidak lagi kebingungan dan tegang,” harapnya.

Dikatakannya, pentingnya UKW pada saat ini guna untuk memajukan media di mana tempat bekerja. Serta menjadi wartawan profesional yang kompeten.

“Mari kita junjung tinggi uu pers dan kode etik jurnalistik. Jadi, para peserta harap untuk serius mengikuti UKW ini,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Kadis Kominfo Sumut, yang diwakilkan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik, Iwan Sutani Siregar dalam sambutannya mengatakan, di era digital saat ini, di banjiri dengan informasi yang tersebar di berbagai platform. Baik itu media sosial dan juga berbagai media online lainnya yang isinya hoax dan berita positif.

“Artinya, saat ini kita tidak bisa bedakan mana yang benar – benar jurnalistik dan bukan. Semua orang bisa menulis, baik di media sosial dan media online. Jadi artinya, bila sudah memenuhi kriteria sebagai jurnlaistik, maka itu bisa di nyatakan wartawan kompeten dan profesional,” katanya.

Baca Juga :  Malu 5 Kali Diduga Cabuli Anak Tiri, Pria Ini Nekat Bunuh Diri Minum Racun

Kominfo Sumut berharap agar seluruh peserta yang mengikuti UKW bisa lulus semuanya. Dan tidak hanya itu juga, bisa kedepannya tulisannya semakin rapih dan enak di baca publik. “Jangan ada yang gagal dalam UKW ini. Kami berharap dengan mengikuti UKW ini muncul wartawan profesional dan hebat,” harapnya. (MP/Rendi)

pasang iklan