Viral Peras Warga, Kapoldasu Akan Tindak Tegas Proses Personil Secepatnya

  • Bagikan
Viral Peras Warga, Kapoldasu Akan Tindak Tegas Proses Personil Secepatnya
Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi didampingi Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Riko Sunarko SH SIK MH usai melihat pemeriksaan terhadap personil yang melakukan pemerasan terhadap warga. (Ist/Jhonson Siahaan)

MEDAN – Terkait dengan kasus viralnya kasus dugaan pemerasan yang dilakukan personil Unit Lantas Polsek Delitua, Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi, langsung mendatangi Mapolrestabes Medan, untuk merespon kasus oknum polisi yang memeras warga, Jumat (12/11/2021) kemarin. Tak hanya itu, personil Polsek Delitua tersebut, Bripka Panca Simanjuntak mempunyai nama sama dengan Kapolda Sumut.

Mendengar informasi itu, jenderal bintang dua itu langsung bergerak dengan cepat ke Polrestabes Medan usai meninjau pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Nias.

“Saya dari Kabupaten Nias langsung turun ke Polrestabes Medan untuk mengecek penanganan personil Polsek Delitua yang melakukan pemerasan warga yang viral di media sosial,” kata Panca Putra Simanjuntak kepada Metropublik.com, Sabtu (13/11/2021).

Pada kesempatan itu, Putra Panca Simanjuntak menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat akibat ulah anggotanya. “Pada kesempatan ini, saya mohon maaf kepada masyarakat, karena masih ada anggota Polri yang melakukan pelanggaran seperti ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Penegak Hukum Belum Bertindak, Togel "Oppung" Marak di Deliserdang

Lanjut, Panca Putra Simanjuntak, oknum tersebut dalam modus operandinya memeras warga dengan cara berpura-pura mencari pelanggaran yang dilakukan pengendara motor saat melintas di jalan raya. “Saya bilang itu memeras. Ya… memeras masyarakat dengan modus dia menuding warga melakukan pelanggaran,” sebut Panca Putra Simanjuntak.

Tegas Panca Putra Simanjuntak, ia langsung memberikan tindakan tegas terhadap anggota yang bersalah dan menyalahi peraturan. “Setelah saya cek oknum Polsek Delitua itu akan saya berikan sanksi tegas, yakni proses hukum pidana dan kode etik,” ujar Panca Putra Simanjuntak dengan tegas.

Sambung Panca Putra Simanjuntak, kedatangannya ke Polrestabes Medan untuk melihat penanganan kasus itu. “Saya sudah dapat laporan dari Kapolrestabes, bahwa yang bersangkutan sudah ditempatkan ditempat khusus,” akunya.

Baca Juga :  Fraksi HPP DPRD Kota Medan Beri Rapor Merah Kepada Pemko

Tegas Panca Putra Simanjuntak, ia juga sudah memerintahkan Kapolrestabes Medan untuk memberikan sanksi tegas anggotanya yang melakukan pemerasan terhadap warga dan menuntaskan kasusnya.

“Akibat perbuatan oknum polisi yang melakukan pemerasan terhadap warga, telah mencoreng nama baik institusi Polri. Namun begitu, masih banyak anggota Polri yang baik bekerja melayani masyarakat.

Sementara itu, Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Riko Sunarko SH SIK MH menambahkan, pihaknya akan menuntaskan kasus pelanggaran yang dilakukan oknum anggota tersebut. “Sesuai dengan instruksi Kapolda Sumut akan kita selesaikan. Untuk Bripka P akan diberikan sanksi tegas,” ungkapnya.

Penulis : Jhonson Siahaan
Editor : Redaksi

  • Bagikan